--> Skip to main content

Cara Membuat Adonan Coklat Martabak Mini

MEDIAKOMPILASI.COM – Variasi rasa martabak manis semakin hari semakin menggugah selera, ini bisa dilihat dari warna adonannya yang warna-warni. Jika dulu adonan martabak manis tanpa tambahan warna atau rasa kini bisa Anda jumpai adonan yang berwarna hijau untuk martabak manis pandan atau green tea. Ada juga adonan yang berwarna hitam, kalau ini untuk rasa Blackforest ada juga yang berwarna coklat untuk martabak coklat.

Varian rasa ini juga berlaku untuk martabak manis berukuran kecil atau  martabak mini. Kebetulan saya jualan martabak mini. Hanya saja saya baru menyediakan varian martabak pandan sedangkan yang lain belum saya coba. Berbekal percobaan pada martabak pandan dimana saya cukup menambahkan Pasta atau perisa makanan rasa pandan sayapun mencoba warna lain yaitu coklat. Bahan yang saya tambahkan sama seperti saya membuat rasa pandan yaitu pasta hanya saja menggunakan pasta coklat.

Namun hasilnya ternyata kurang menggembirakan, dengan takaran yang sama seperti pada adonan rasa pandan ternyata coklatnya kurang kuat, jika saya menambahkan takaran resikonya adonan menjadi pahit namanya juga bahan tambahan makanan bukan alami. Selain itu aromanya coklatnya juga kurang wangi.

Sayapun akhirnya mencoba alternatif lain yaitu dengan menggunakan coklat bubuk asli karana rasanya tentu lebih alami. Pertanyaannya bubuk coklat sepeti apa yang bagus untuk adonan martabak manis? Sayapun mencari informasi bubuk coklat yang menghasilkan warna yang bagus jadi meski coklat tapi kalau coklatnya pucat tentu kurang menarik.

Ketemulah sebuah merk coklat bubuk yang bagus dan setelah saya cari ke toko bahan kue langganan ternyata ada harganya terjangkau 1 ons Rp.14.000. Penasaran sayapun langsung mencoba membuat adonan coklat martabak mini. Percobaan ini juga akan saya jadikan video untuk menambah koleksi video saya di YouTube.

Bahan-bahan yang saya gunakan sama seperti ketika saya membuat adonan untuk martabak mini hanya saja saya menambahkan 3 sdt coklat bubuk. Jadi resepnya lengkapnya seperti ini :

Bahan-Bahan :
¼ Kg Terigu Segitiga
5 Sdt Gula Pasir
½ sdt Permipan
½ sdt  garam
1 sdt Bubuk coklat Tulip Bordeaux
½ sdt Baking Powder Hercules
260 ml Air

Cara membuatnya sama dengan seperti resep martabak mini pisang coklat  yang sudah saya Share sebelumnya Disini . Setelah saya mempraktekkan resep dengan menggunakan coklat bubuk asli ternyata hasilnya cukup memuaskan, warna coklatnya Pas dan aromanya juga alami serta tidak pahit.

Menurut saya Resep Adonan Coklat Martabak Mini ini cukup layak untuk jualan. Tinggal memilih topingnya yang Pas. Semoga Bermanfaat![
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar