Skip to main content

Cara Menggabungkan Video Tanpa Ribet dengan VSDC

MEDIAKOMPILASI.COM – Tahukah Anda Dengan Aplikasi edit video anda bisa merekam video terpisah-pisah menjadi beberapa bagian, jadi bisa merekam 2 menit kemudian disambung lagi lain waktu? Namun masalahnya meski ada Aplikasi gratisan tak sedikit yang belum paham cara menggabungkan video menjadi satu frame.
Cara Menggabungkan Video

Salah satu aplikasi gratisan yang cocok untuk pemain YouTube pemula seperti saya adalah VSDC versi Free. Jika anda ingin tahu aplikasinya seperti apa bisa lihat artikel saya sebelumnya. VSDC salah satu fiturnya adalah menggabungkan video. Apakah mudah menggabungkan video dengan bantuan VSDC? Sebenarnya mudah hanya saja bagi yang baru pertama kenal edit mengedit video mungkin susah karena belum terbiasa.

Saya awalnya juga kesulitan namun setelah saya rajin coba-coba akhirnya tahu tehniknya. Nah artikel ini sebenarnya untuk menjawab pertanyaan melalui komentar dari sahabat saya Mas Purnama Owner MahirKuy, katanya masih bingung menggabungkan video dengan VSDC.

Bagi yang masih bingung bagaimana cara menggabungkan Video dengan VSDC berikut ini langkah-langkahnya :

1.Buka Aplikasi VSDC, Klik Create New Project

2.Setting Project sesuai keinginan, Tapi yang penting adalah memilih Resolusi dan Frame rate. Jika untuk diunggah ke YouTube sebaiknya memilih frame rate yang direkomendasikon YouTube yaitu 24, 25, 30, 48, 50, 60. Tapi perlu diingat sebaiknya memperhatikan resolusi dan frame rate video asli jika memang sudah rendah jangan ditinggikan karena tidak akan mengubah kualitas video.

Cara Menggabungkan Video

Contohnya video hasil rekaman Ponsel saya resolusinya 1280x720 dan Frame rate 15 fps settingan yang saya gunakan Resolusi HD 1280X720 [16:9] Frame rate 15 tapi kalau video anda framerate sudah 25 silahkan gunakan angka tersebut dan resolusinya juga menyesuaikan. Jika sudah klik Finish.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Frame rate dan Bit rate Video

3.Menggugah video pertama
Pada tutorial kali ini saya menggunakan cara manual dan sebagai contoh saya akan membuat project yang menggabungkan 3 video dengan judul Burung lovebird Biru Mangsi Pasput anakan 2 bulan, untuk mempermudah siapkan urutan video dan catat durasinya. Contoh saya akan menggabungkan :

Video 1 = Intro durasi 00:12
Video 2 = Lovebird [Video Utama] durasi 03:10
Video 3 = Outro durasi 00:05

Cara Menggabungkan Video

Klik Add Video, Pilih file video dari komputer contoh Video 1 Intro
Muncul dialog Object Position settings, Pilih From Manual Position, Pada kolom position merupakan posisi awal frame video 1, pilih default 00:00:00.000 [2 angka nol pertama = jam 2 nol berikutnya menit baru detik], Pada kolom Duration Kosongkan saja Klik OK .Untuk meyakinkan apakah video muncul di detik awal video Klik Preview

4.Mengunggah video ke-2 langkahnya seperti no.1

Klik Add Video, Pilih file video dari komputer contoh video 2 Lovebird. Pada Object Position setting pilih From Manual position. Kolom position isi dengan detik terakhir video video pertama misalnya Intro 00:12 sebenarnya bisa saja didetik 00:13 hanya saja nantinya ada jeda atau terputus sehingga muncul frame backround. Jangan lupa menuliskannya 00:00:12:000. Pada durasi kosongkan saja. Klik OK. Klik Preview dari awal video, catat durasi akhir dari penggabungan 2 video contoh  03:21. Cek juga preview dari awal video.

5. Mengunggah video ke-3 langkahnya hampir sama

Cara Menggabungkan Video

Klik Add Video, Pilih file video dari komputer contoh video 3 outro. Pada Object Position setting pilih From Manual position. Kolom position isi dengan detik terakhir video kedua contoh 03:21 . Durasi juga kosongkan saja. Klik OK. Untuk melihat hasilnya Klik Preview dari awal video.

6. Setelah yakin hasil videonya bagus langkah selanjutnya adalah  Export Project agar bisa disimpan di hardisk dan bisa di Unggah ke You Tube. Untuk tutorial cara meng Export Project atau Render Insya Allah akan saya buatkan postingan tersendiri. Jika anda ingin melihat hasil project yang saya jadikan contoh bisa lihat videonya Disini.

Perlu Anda catat tidak ada batasan berapa video yang akan anda gabung jadi cukup bermanfaat sekali jika anda merekam video tidak sekaligus atau bertahap.

Demikianlah Tutorial Seputar Cara Menggabungkan Video Tanpa Ribet dengan VSDC, Jika Ada yang kurang jelas bisa tinggalkan jejak di komentar. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar