Skip to main content

Cara Pasang RAM PC Tanpa Harus Keteknisi

DDR 1

MEDIAKOMPILASI.COM
– RAM (Random Access Memory) atau Memori PC memiliki peran penting bagi kinerja komputer atau PC, semakin tinggi nilainya yang dinyatakan dalam Byte kinerja pc juga akan semakin bagus. Semakin berkembangnya OS  (Operating System) dan Softwarenya membuat RAM juga ikut menyesuaikan diri agar kinerjanya maksimal. Awalnya Tipenya SDRAM lalu berubah menjadi DDR1, DDR2 DDR3 hingga DDR4.

Faktanya tidak sedikit Pengguna PC di Indonesia yang masih mempertahankan PC lamanya dengan alasan masih bisa dipakai contohnya saya pribadi. Salah satu cara agar RAM nya mendukung software terbaru yaitu dengan mengupgrade RAM nya itupun kalau masih memungkinkan karena setiap PC memiliki spesifikasi prosessor dan Motherboard yang kapasitas RAM nya sudah ditentukan misalnya 2 GB maka jika mau diupgrade RAM nya mentok sampai 2 GB.

Berkatian dengan hal ini saya ingin berbagi pengalaman mengupgrade RAM PC tanpa harus keteknisi PC, cukup dilakukan sendiri. Saya memiliki PC super Jadul dengan Spesifikasi proci (Prosessor) Pentium 4- 3,2 Ghz RAM 500 MB. Bayangkan betapa jadulnya yah PC saya!! Pentium 4 itu mulai diproduksi dari tahun 2000 hingga 2008. Jadi sudah 11 tahun Bro!!

Sebenarnya saya ingin ganti PC yang lebih tinggi spesifikasinya kalau bisa Laptop yang hemat listrik tapi karena kondisinya masih bagus dan dananya juga belum ada untuk beli baru, tak ada pilihan lain selain tetap setia menggunakannnya apalagi  PC tersebut sekedar untuk mengetik dokumen, internetan atau edit video ringan.

Namun belakangan ini saya merasa kinerja PC saya terasa lelet terutama saat untuk internetan, seringkali Not responding. Hal ini tentu cukup mengganggu aktivitas internet saya ditambah lagi saya menggunakan internet untuk mencari uang baik melalui blog, Toko Online atau YouTube. Kekesalan itu memuncak ketika beberapa hari yang lalu saya mendapatkan Job pembelian backlink 2 pesanan.

Saat saya akan memposting artikel keblog saya prosesnya cukup lama padahal biasanya sebentar karena Cuma posting artikel saja. Pemesan sendiri meminta saya agar segera mempublikasikan artikelnya jadi saya tak mau mengecewakan pelanggan. Akhirnya hingga tengah  malam baru saya bisa mempublikasikan artikelnya.

Sayapun mencari-cari kenapa PC saya menjadi lelet saat internetan??? Dugaan saya penyebabnya adalah :
  1. Kekuatan Sinyal serta jaringan yang saya pakai, Kebetulan saya masih menggunakan jaringan 3G HSDPA. Meskipun sinyalnya full namun jaringannnya terkadang Cuma 3G bukan HSDPA kadang malah EDGE. Sedih deh Pokoknya!!!
  2. Memori PC kurang memadai, Nah ini saya mengakuinya. Gimana tidak Memori yang terpasang Cuma 500 MB!! Tidak memadai jika dibandingkan dengan PC terkini yang rata-rata 4 GB hingga 8 GB.
  3. Cache, Cookies, History  browser menumpuk
Beberapa langkah yang sudah saya lakukan :
1. Mengganti Jaringan Provider Internet yang tadinya menggunakan jaringan 3G sekarang menggunakan 4G LTE bahkan Modemnya jenis Outdoor jadi sinyalnya tentu lebih kuat. Setelah saya coba modemnya hasilnya memuaskan sinyal 4G nya Full Bar. Saya tes speednya juga tidak mengecewakan. Saya anggap masalah koneksi internet sudah teratasi.

2.Saya mencoba membersihkan file-file sampah seperti cache, cookies, history browser dan menyempurnakannya dengan menggunakan software CC cleaner.

Untuk masalah yang ke-2 yaitu kapasitas RAM PC yang kurang memadai saya langsung mencoba mungupgrade RAM PC. Awalnya sempat bingung bagaimana cara mengupgradenya? Namun dengan bantuan Google akhirnya saya memiliki gambaran sehingga cukup membantu agar saya tidak salah pilih, Repot bukan sudah beli tapi nggak bisa dipakai!!!

Pertama-tama saya melihat spesifikasi Motherboardnya dulu kebetulan memakai ASROCK 775i65 G. Untungnya lagi masih bisa saya temukan diwebsite resminya. Dari sana saya bisa tahu bahwa kapasitas maksimalnya 2 GB. Jadi saya punya gambaran nantinya berapa kapasitas memori yang akan saya beli.

Masalah lain muncul kemana beli RAM nya??? Kalau RAM PC model baru seperti DDR3 atau 4 mungkin mudah mencarinya. Bagaimana kalau RAM nya DDR1 seperti PC punya saya? Keberuntungan sepertinya masih menaungi saya karena ternyata diTokopedia saya bisa menemukannya. 

Lalu spesifkasi RAM nya berapa? Sayapun kembali melihat ke Motherboard PC saya disana tertulis DDR400, Kemudian di RAM yang lama tertulis PC 3200. Dari sini saya bisa tahu kalau spesifikasi RAM yang cocok adalah DDR1 400 Mhz PC 3200.

Walaupun menurut data resminya Pentium 4 ini mendukung memori tipe SDRAM PC 133, DDR PC 2100, PC 2700, PC 3200, DDR2 PC 4200, PC 5300, PC 6400 dan PC 8000 namun tetap harus melihat Tipe Motherboard yang  saya gunakan.

Sayapun mencari-cari Memori diTokopedia yang tipenya sama persis. Pucuk dicinta ulam Tiba!! Saya menemukan pelapak yang menjualnya merknya VGen DDR1 1GB PC3200 Harganya murah Cuma Rp.30.500. Saya chat pelapaknya apakah stoknya ready dan tak lupa saya menanyakan apakah cocok untuk mengganti RAM pc lama saya sambil mengirimkan gambar RAM lama. Menurut pelapaknnya bisa untuk mengganti RAM lama dan stoknya banyak.

Berdasarkan spesifikasi Motherboardnya yang hanya mendukung maksimal 2GB RAM, maka saya memutuskan untuk membeli 2 buah RAM jadi nantinya totalnya 2 GB. Seperti bisanyanya saya memesan keTokopedia kemudian membayar tagihannya.
Setelah sampai saya langsung memasangnya sendiri tanpa perlu keteknisi PC yang tentunya harus mengeluarkan biaya. Oh ya saya belum pernah memasang RAM PC sebelumnya jadi saya belum paham cara pasang RAM PC sendiri. Berbekal pengalaman sering melihat teknisi saat memperbaiki PC saya dan video Youtube saya beranikan diri untuk mencoba memasang RAM PC sendiri. Lumayan bisa Nambah pengalaman dibidang perakitan PC.

Begini tahap-tahap cara pasang RAM PC yang saya lakukan :

1. Saya matikan PC dengan cara mencabut Kabel Powernya baik CPU maupun monitornya. Jika tidak maka masih ada teganan listrik yang mengalir kePC dan dikuatirkan akan terjadi hubungan singkat arus listrik saat memsang RAM PC.

2.Cabut RAM yang lama
3.Siapkan RAM PC pengganti, perhatikan tanda lekukan di RAM sesuikan dengan slotnya. Buka 2 pengaitnya terlebih dahulu baru masukkan RAM nya sambil ditekan sampai terdengar bunyi klik dimana otomatis pengaitnya tertutup.

Saya langsung mencoba menghidupkan komputer dan ternyata PC bisa tampil seperti biasanya. Kenapa tidak langsung 2 RAM sekaligus memasangnya? Hal ini untuk mengantisipasi jika salah satu RAM ada yang tidak berfungsi, namanya juga beli secara online segala kemungkinan bisa saja terjadi.

Jika dengan satu RAM PC sudah bisa bekerja normal kemudian saya memasang RAM satunya lagi tidak tampil normal maka itu menandakan RAM yang ke-2 bermasalah baik cara pasangnya atau RAM nya rusak.

4.Lakukan langkah No.3 untuk RAM PC yang kedua dan lakukan langkah no 1. Pada langkah ke-2 ini sempat terjadi masalah dimana PC tidak bisa tampil meski sudah ON CPU nya. Ternyata hal ini disebabkan karena RAM nya kurang masuk atau kurang menekan. Setelah saya tekan sampai maksimal kemudian saya coba hidupkan lagi PC, Yes…bisa tampil Normal.

Untuk memastikan apakah RAM sudah terdeteksi System, saya mengetesnya melalui Control Pnel >> System. Disana tertulis Pentium (R) 3,2 GHZ 1,99 GB of RAM. Jadi bisa saya pastikan kalau RAM nya sudah terdeteksi System.

Sayapun bisa bernafas dengan lega karena sudah mengupgraade RAM PC saya dan setelah saya mencoba untuk Internetan sudah lebih lancar dari pada sebelum PC belum diupgrade RAM nya.

Berbekal pengalaman ini tentu bisa menjadi modal berharga khususnya kalau suatu saat saya akan mengupgrade Prosessor yang lebih tinggi walaupun agak berat juga karena harga hardwarenya masih mahal meski untuk Prosessor Intel Core Generasi ke 2 Sandy Bridge apalagi Intel Core generasi 9!! Prosesornya doang harganya mencapai jutaan rupiah.

Bagaimana dengan Anda apakah pernah memasang RAM PC sendiri? Bagi dong pengalamannya!    
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar