Skip to main content

Perbandingan Paket Smartfren 30 GB dan Xtra Combo XL 30GB

Paket Smartfren 30 GB

MEDIAKOMPILASI.COM – Jika dengan uang puluhan ribu sudah bisa mendapatkan kuota internet yang besar kenapa harus memilih paket internet yang lebih mahal? Saya yakin banyak pengguna internet yang menganut paham ini bahkan kalau bisa gratis.

Hayo Ngaku Siapa yang sering pakai WiFi Gratisan?

Padahal saya juga kadang pakai Wifi Gratisan, he he he.

Disaat koneksi internet sudah menjadi kebutuhan pokok disitulah baru terasa kalau kuota internet itu tidak murah. Bayangkan saja jika sebuah keluarga dengan 3 orang anak yang masing-masing memiliki HP sendiri dan semuanya suka YouTubean Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk berlangganan paket internet?

Jurus hematpun dipakai diantaranya dengan berlangganan paket internet yang memberikan banyak kuota tapi harganya murah. Tidak peduli apakah kuotanya nanti dibagi-bagi ada yang berlaku 24 jam (Kuota Utama) ada yang jam malam yang penting kuota melimpah.

Sebagai orang yang aktivitas internetnya lumayan padat sayapun melakukan jurus tersebut maklum saya Cuma orang biasa bukan pegawai atau karyawan. Jika pegawai mungkin berlangganan Akses internet unlimited + TV Kabel Biayanya masih terjangkau tapi bagi saya Mehong alias Mahal ! Mending uang yang ada buat beli Beras.

Saya hanya bisa mengandalkan Paket Internet berbasis Volume atau Kuota dari operator Seluler contohnya Telkomsel, Indosat, XL, Three, Axis atau Smartfren. Dari sekian operator seluler beberapa tahun ini saya menjatuhkan pilihan pada XL. Paket internet terakhir yang saya guankan adalah Xtra Combo baru.

Saya pilih yang harga paketannya terjangkau  yaitu Xtra Combo Baru 10 GB dengan harga Rp.59.000.

Apakah kuota sebesar itu cukup?

Dibilang cukup memang cukup tapi masih kurang memadai karena 10 GB itu dibagi lagi 5 GB berlaku 24 jam dan 5 GB untuk Youtube 24 jam juga. Kuota 5 GB kalau sering nonton video YouTube akan cepat habis. Walaupaun kalau sudah habis kuota Youtubenya masih tetap bisa menonton video sepuasanya tapi itu dijam malam dari jam 01.00 sampai 06.00.

Belakangan ini saya mulai berpindah kelain hati maksudnya melirik operator seluler lain yaitu Smartfren yang bekerja dijaringan 4G LTE 2300 Mhz. Salah satu Paket internet yang membuat saya ingin ganti operator seluler adalah Paket Smartfren 30 GB dimana harga resminya adalah Rp.60.000 berlaku 30 hari.

Keinginan ganti operator itu semakin besar setelah saya menemukan informasi kalau Modem eks Bolt Home Dijual diMarketplace yang harganya murah Cuma Rp.175.000. Asyiknya modem ini Mendukung Kartu Smarfren 4G LTE.

Baca Juga : Modem 4G Murah Bolt Home Unlock

Singkat cerita sayapun membeli paket modem dan Router eks Bolt home tersebut dan mencoba menggunakannya. Ternyata sinyalnya bagus pokoknya tidak sia-sia saya membeli Modem tersebut meskipun bekas pakai. 

Sayapun langsung mencoba paket Smartfren 30 GB dalam bentuk voucher karena harganya tidak jauh berbeda dengan harga paket Xtra Combo sebelumnya tapi kuotanya lebih besar.

Menariknya ternyata paket XL Xtra Combo ada juga yang 30 GB.

Kalau memang ada kenapa harus Pindah ke Smartfren?

Nah…inilah yang akan saya perbandingkan antara Paket Smartfren 30 GB dengan Paket Xxtra Combo 30 GB, Lebih untung mana ya?

Paket Extra Extra Combo Baru30 GB

  • 15 GB  untuk Internetan 24 jam (Kuota Utama)
  • 15 GB untuk YouTube 24 jam
  • 40 menit Nelpon kesemua Operator
  • YouTube tanpa kuota 01.00-06.00
  • Rp.129.000

Paket Smartfren 30 GB (Voucher)

  • 15 GB Internetan 24 jam
  • 15 GB Internetan malam 01.00 – 04.59
  • Rp.60.000

Coba perhatikan kuota dari masing-masing paket dengan seksama! Untuk kuota utama atau internetan 24 jam keduanya sama-sama memberikan kuota sebesar 15 GB namun Xtra Combo XL lebih unggul dengan kuota Youtubenya yaitu 15 GB berlaku 24 jam dan gratis pada jam malam.

Namun untuk urusana internetan paket Smartfren lebih unggul karena memberikan kuota 15 GB pada jam malam sedangkan XL tidak. Jadi Paket Smartfren lebih cocok bagi mereka yang lebih banyak Browsing atau Download seperti ngeblog atau sekedar buka-buka website, sedangkan XL kalau kuota utama 15 GB habis tidak bisa internetan selain YouTube. 

Xtra combo lebih cocok bagi mereka yang lebih banyak streaming Youtube seperti kreator YouTube. Jika kuota YouTube regular habis masih tetap bisa streaming Youtube walapun harus rela bergadang dan dibatasi 1 hari 5 GB. Saya sendiri selama berlangganan Paket Xtra Combo Baru  XL jarang sekali memanfaatkan gratisan YouTube dijam malam karena saya lebih memilih untuk istrirahat.

Paket Xtra Combo juga unggul dalam masalah Bonus Nelpon, lumayan dapat gratisan nelpon kesemua operator selama 40 Menit dengan catatan menggunakan HP tapi kalau pakai Modem tak ada gunanya.

Sekilas Paket Xtra Combo XL 30 GB lebih unggul dibandaingkan paket Smartfren 30 GB namun sebenarnya tidak juga karena ada faktor yang krusial yaitu HARGA.

Paket Xtra Combo dengan segala kelebihannya harus ditebus dengan harga yang jauh mahal dibandingkan Paket Smartfren. Lihat saja paket Smartfren 30 GB (Voucher) Cuma Rp.60.000. Harga ini bisa lebih murah jika beli diMarketplace. Kemarin saya beli di Blibli Cuma Rp.56.000 gratis Ongkos kirim.

Sedangkan Paket Xtra Combo XL 30 GB harus merogoh kocek Rp.129.000. Uang sebesar itu bisa untuk membeli Paket Smartfren yang lebih besar yaitu Paket Smartfren 60 GB yang harganya Cuma Rp.100.000.

Paket Smartfren 30 GB dengan slogannya "Rp.2000 per GIGA" memiliki keunggulan pada Harga atau Lebih hemat dibandingkan dengan Paket Xtra Combo 30 GB.

Pilihan tentu kembali pada kebutuhan Pengguna mana yang lebih sesuai dengan aktivitas internetnya.

BTW … Anda akan memilih yang mana?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar