Skip to main content

Ketika Merakit Komputer Semakin Mudah

Merakit Komputer

MEDIAKOMPILASI.COM – Bagaimana perasaan Anda jika akan menginstall software komputer tapi ternyata spesifikasi komputernya tidak mendukung? Kesal bukan. Inilah yang saya rasakan karena komputer saya menggunkan prosesor keluaran lama yang teknologinya sudah ketinggalan zaman. Iya sih kalau cuma buat mengetik dokumen masih bisa tapi untuk keperluan lain seperti editing video atau main game jangan harap bisa maksimal.

Sebagai pemain blog sekaligus kreator video YouTube mau tak mau saya harus mulai mengupgrade teknologi komputer saya terutama dari sisi prosesornya. Sayangnya untuk membeli komputer atau Laptop generasi terbaru harganya mahal banget. Saya ambil contoh Laptop dengan spesifikasi Intel Core i7 generasi 8  RAM 16 GB SSD 480 GB harganya bisa mencapai 13 jutaan.

Untuk pemain blog berpenghasilan recehan seperti saya uang sebesar itu terbilang cukup besar jadi meskipun bisa membeli baik dengan cara kredit atau menabung rasanya kok berat karena masih ada kebutuhan lain yang lebih penting. Walaupun kalau memang ingin sukses harus berani investasi khususnya untuk membeli komputer atau laptop.

Sayapun berpikir keras bagaimana caranya dengan modal yang minim tapi tetap bisa menggunakan Sistem operasi (OS), software/Aplikasi mutakhir. Setidaknya OS komputer menggunakan Windows 10, RAM komputer minimal 4 GB atau prosesornya mendukung Windows 64 Bit.

Akhirnya ketemu caranya!

Asyiknya lagi itu bisa saya lakukan sendiri!

Ingin tahu caranya?

Merakit Komputer Sendiri Jalan Keluarnya

Pilihan saya jatuh ke Komputer rakitan dari pada membeli Laptop Bekas. Apakah saya membeli Komputer built Up bekas? Tidak. Saya akan mencoba merakit komputer sendiri.

Memangnya Bisa?

YA harus bisa 👍. Meskipun saya belum pernah sekalipun merakit komputer dari Nol. Tapi semua itu bisa dipelajari apalagi sekarang tutorialnya banyak baik diblog maupun YouTube. Kebetulan komputer saya saat ini adalah komputer rakitan yang saya beli dari teknisi komputer.

Beberapa kali komputer saya mengalami masalah sehingga harus ganti Hardware(Komponen) ada yang ganti sendiri ada pula yang minta bantuan teknisi komputer. Dari situlah saya bisa belajar banyak cara merakit komputer.

Baca Juga : Cara Pasang RAM PC tanpa harus keteknisi
 
Untuk merakit komputer Anda perlu menyediakan Hardware/Komponen komputer berikut :
  1. Prosesor + Fan
  2. Motherboard
  3. RAM
  4. PSU
  5. Hardisk
  6. DVD Room/CD-rw
  7. VGA Card
  8. Casing
Kok banyak ya yang harus dibeli? YA…dengan catatan kalau Anda belum punya komputer desktop. Jika Anda sudah punya seperti saya maka tidak perlu beli semuanya. Anda hanya perlu membeli Prosesor, Motherboard, RAM. Sedangkan komponen lainnya bisa memanfaatkan komputer lama Anda. Apalagi jika motherboard atau RAM nya mendukung prosesor penggant maka hanya perlu ganti prosesor.
 
Saya sendiri kebetulan Prosesornya Pentium 4 3.0 Mhz, Motherboardnya LGA 775 DDR 1. Awalnya saya ingin mengupgrade komputer tanpa mengganti Motherboard serta RAM nya. Namun setelah saya lihat spesifikasi Pentium 4 disitus resminya ternyata hanya mendukung Windows 32 bit meskipun nantinya Windows dikomputer saya bisa diupgrade ke Windows 7, 8 atau 10 tak kan berarti sebab software sekarang kebanyakan hanya untuk komputer 64 bit.

Jika saya ingin mengupgrade agar bisa mengunakan Windows 10 maka saya harus mengganti prosesor, Motherboard dan RAM nya. Prosesor minimal yang sudah mendukung Windows 64 bit yaitu minimal Core 2 Duo tapi jika ada dana lebih bisa memilih prosesor Intel I series (i3,i5,i7).
 
RAM juga sebaiknya memilih keluaran terbaru atau sedikit dibawahnya misalnya RAM DDR 3. Karena RAM nya DDR 3 maka Motherboardnya juga harus menyesuaikan yang support RAM DDR 3 dan ingat pilih yang mendukung memori hingga 8 GB (2x4 GB).

Sayangnya setelah saya cari informasi harga prosesor I series, harganya masih mahal walapun generasi lama misalnya saja i5 3470 3,2 Ghz harga bekasnya Rp.550.000 sedangkan motherboardnya harga bekasnya Rp.400.000.ditambah RAM 4 GB baru Rp.200.000. Jadi jika saya ingin mengupgrade komputer saya ke i5 maka saya perlu mengeluarkan minimal 1 jutaan.

Berbeda jika saya memilih prosesor Core 2 Quad, biaya yang saya keluarkan masih cukup terjangkau yaitu sekitar 600 ribuan.
 
Pertanyaannya kemudian kemana belanja spart part komputernya?
 
Jangan cemas karena sekarang ini cukup mudah dan simple belanja spart part komputer tapi bergaransi baik yang baru maupun bekas. Anda bisa beli secara online disitus marketplace dan salah satu yang saya rekomendasikan adalah Tokopedia (Bukan Promosi ya!).

Saya sudah beberapa kali beli spart part komputer diTokopedia mulai dari Hardisk, RAM, Kabel Hardisk hingga PSU. Semuanya bisa berfungsi dengan baik jadi tak perlu komplain.

Dengan hadirnya pelapak yang memang khusus menjual spart part komputer tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi siapa saja yang ingin merakit kompter. Tinggal pilih spart part sesuai kebutuhan lalu rakit. Bahkan karena pelapaknya juga ahli dibidang komputer, Anda bisa berkonsultasi dulu melalui fitur Diskusi atau Chat sebelum membeli spart part Komputer.

Kesimpulannya jika saat ini Anda ingin upgrade komputer tapi terkendala dana, Anda bisa mencoba merakit komputer sendiri sehingga bisa menyesuaikan dana yang ada atau membeli komponen secara bertahap. Namun perlu dicatat agar rakitan komputernya maksimal sebaiknya memiih komponen yang nantinya mendukung sistem operasi Windows 10 ( Windows 7 sebentar lagi akan habis masa dukugannnya), RAM minimal 4GB dan Prosesor mendukung sistem operasi 64 Bit.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar