Skip to main content

Cerita Tentang Bahaya Gadget Bagi Anak

Bahaya Gadget

MEDIAKOMPILASI.COM – Pernah lihat Anak-anak yang sedang Asyik pegang Gadget? Rasanya bukan hal yang aneh lagi kalau anak-anak dizaman sekarang rata-rata sudah mengenal gadget atau khususnya Smartphone. Entah apa yang membuat anak-anak begitu menyukai Gadget yang pasti anak-anak sekarang setiap hari tak pernah lepas dari Gadget.

Banyak sebab kenapa gadget begitu menarik diamata anak-anak salah satunya adalah kebiasan orang tua yang bermain gadget entah itu mengkakses Media sosial, YouTube atau sekedar chat dengan teman. Nah si Anak tentu penasaran dengan Benda yang dipegang orang tuanya sampai akhirnya ketagihan memegang Gadget.

Saya sendiri kebetulan memiliki anak dan saya tak kuasa untuk melarang anak memegang Gadget. Biasanya anak saya suka melihat galeri foto ataupun video. Namun saya tetap mengawasi anak saya karena bisa saja anak-anak mengakses internet.

Memangnya bisa? Tadinya saya juga tidak yakin kalau anak-anak bisa mengakses internet tapi setelah meilhat sendiri anak-anak bisa mengakkses Youtube saya sekarang percaya dan lebih hati-hati dalam mengawasi anak-anak ketika memegang Gadget.

Apalagi saya seorang Freelancer dibidang internet Marketing tentunya koneksi internet menjadi kebutuhan pokok. Nah akses internet yang saya gunakan bisa dijadikan hotspot atau dengan kata lain bisa internetan pakai Wifi.

Baca Juga : Cara Kerja Koneksi Internet WiFi

Jujur saja saya tak pernah mengajarkan bagaimana caranya mengakses internet mulai dari menghidupkan Wifi sampai membuka YouTube. Namun dari temannya mengajarkan bagaimana caranya meghidupkanWifi, membuka YouTube sampai download akhirnya sekarang anak saya bisa internetan meski Cuma buka YouTube.

Itu kelakuan anak saya meski Cuma buka Youtube tapi saya tetap was-was dengan video yang ditonton makanya saya akali dengan mendowload video yang memang dikhususkan untuk anak-anak jadi kalau pas anak saya buka Youtube secara offline tetap bisa menonton video tapi saya peringati jangan menghidupkan Wifi.

Lain lagi dengan Cerita anak-anak lain yang membuat saya mengelus dada. Cerita yang saya baca dari sebuah grup komunitas difacebook. Ada seorang orang tua yang memprotes grup tersebut karena ada anggota grup yang menayangkan siaran langsung video tak senonoh dan saat itu anaknya ikut menonton.

Orang mana yang tidak marah kalau sudah begini kejadiannya namun hal itu sudah terjadi. Kenapa hal ini bisa terjadi? Bukannya facebook memblokir video-video semacam itu? Iya tapi sulit jika menayangkan video siaran langsung.

Ini baru salah satu cerita tentang bahaya gadget bagi anak tapi dampaknya tentu luar biasa bagi psikologis anak. Sebagai orang tua yang bijak tentu akan berusaha semaksimal mungkin agar dampak negatif dari gadget ini bisa diminimalisir dengan beberapa cara :

  1. Hindari anak memegang gadget tanpa pendampingan.
  2. Beri batasan apa saja yang boleh dilihat dan yang tidak.
  3. Patut dicurigai jika anak-anak memegang gadget secara sembunyi-sembunyi.
  4. Jika mengakses Internet seperti Youtube cek histori penjelajahannya.
  5. Pisahkan Gadget orang tua dengan anak.

Melarang anak memegang Gadget mungkin bukan pilihan yang tepat karena akibatnya si anak malahan menonton di Gadget temannya yang tentu saja tidak bisa terkontrol.
Banyak manfaat dari Gadget yang kalau ini bisa dimaksimalkan tentu justru anak menjadi kreatif misalnya diajarkan fotografi ,vlogger. Bisa juga dijadikan sarana untuk belajar misalnya dengan aplikasi pendidikan.

Demikianlah cerita tentang bahaya gadget bagi anak semoga bermanfaat!
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar