Skip to main content

Tips Membeli Monitor LCD Bekas

Monitor Bekas

MEDIAKOMPILASI.COM – Monitor komputer rusak tentu bukan kabar yang baik karena sama saja komputer tidak bisa digunakan. Solusinya tentu harus beli yang baru. Namun harga monitor komputer LCD baru relatif mahal jadi jika hanya memiliki duit pas-pasan akan terasa berat. Solusi lain yang bisa ditempuh adalah dengan membeli Monitor LCD bekas.

Kenapa demikian karena harga monitor LCD bekas harganya lebih murah bahkan jika beruntung akan mendapatkan monitor yang kondisinya masih mulus. Namun jangan salah untuk menemukan monitor LCD bekas yang masih mulus atau No Minus tidak mudah, butuh kejelian dalam memilihnya. Namanya juga barang bekas yang tentunya masa pakainya ikut mempengaruhi daya tahan komponen didalamnya apalagi Layar LCD ada batas pemakaiannya beda dengan monitor tabung.

Nah...berkaitan dengan hal ini saya ingin berbagi pengalaman membeli monitor LCD bekas untuk menggantikan monitor LCD lama yang sudah rusak. Oh ya monitor LCD sebelumnya juga saya beli bekas bukan baru. Harganya dulu 300 ribu ditambah ongkos kirimnya Rp.50.000. Saya beli secara online diBukalapak. Monitor LCD tersebut hanya bertahan selama 2 tahun saja.

Tadinya saya ingin beli secara online lagi tapi berdasarkan pengalaman sebelumnya kalau membeli secara online resikonya cukup besar. Pasalnya saya tidak tahu kondisi monitor tersebut seperti apa. Kalau untung mungkin ketemu yang bagus tapi kalau lagi apes bisa saja montor tersebut bermasalah dan untuk komplain prosesnya ribet apalagi jika harus diretur, ongkos kirimnya lumayan besar.

Berbeda jika beli monitor LCD baru secara online jika ada masalah bisa klaim garansi.

Baca Juga : Cara Mencegah Komputer Terkena Virus

Akhirnya saya memutuskan untuk mencari monitor LCD bekas didaerah saya harapannya saya bisa mengecek langsung kondisinya. Caranya Bagaimana? Apa harus bertanya dari mulut kemulut?

Manfaatkan Grup Komunitas Jual Beli Facebook

Saya memanfaatkan grup jual beli difacebook tapi area lokal kebetulan saya tinggal diperumahan Mega Regency Bekasi dan ada sebuah grup Komunitas Jual Beli Mega Regnecy,Pasir Raya, KSB, Serang, Cibarusah

Sayapun membuat postingan digrup tersebut dengan hastag Nyabar atau nyari barang. Awalnya postingan saya tidak ada yang menaggapi atau komentar namun beberapa hari kemudian ada Anggota yang komentar. Anggota tersebut menawarkan Monitor LCD Samsung. Alasan dijual karena CPU nya sudah rusak jadi dari pada tidak terpakai. Tadinya sih sekalian menawarkan CPUnya.

Lalu saya jawab kalau saya hanya butuh monitornya saja dan akhirnya anggota tersebut minta dibayar dengan harga 350 ribu. Ketika saya tanyakan alamatnya dimana ternyata lokasinya tidak terlalu jauh sekitar 4 Km dari rumah saya.

Sayapun meminta share lokasi melalui WA biar tidak bingung kalau kesana . Beberapa hari yang lalu saya menghubungi lagi orang yang mau jual monitornya karena saya akan kerumahnya untuk melihat monitornya. Kebetulan hari sedang tidak hujan dan orang tersebut juga ada dirumah.

Setelah mencari-cari menggunakan motor ketemulah rumah orang tersebut. Oh ya saya kesana sambil bawa CPU saya untuk mengecek kondisi monitornya. Agak repot memang tapi biar ketahuan bagus atau tidaknya, nggak masalah buat saya. Soalnya yang punya monitor cpunya rusak tentunya agak susah mengecek kondisi monitor tersebut.

Sayapun langsung mencoba monitor tersebut dengan menghubungkan ke cpu yang saya bawa. Dari pengamatan saya gambarnya masih oke dan layarnya masih mulus. Saya beberpa kali meng On Off kan komputer dan hasilnya tetap sama. Sayapun memutuskan untuk membeli monitor tersebut. Setelah Nego akhirnya kami sepakat dengan harga Rp.300.000.

Sesampainya dirumah barulah saya ketahui kalau Monitor Samsung tersebut tipenya SynMaster 633nw dan Setelah saya Cek kewebsite resminya ternyata Monitor ini sudah diproduksi sejak tahun 2008. Dengan spesifikasi:  Size 15.6 Inch, Display Area 344.232 mm(H) x 193.536 mm (V),Display Color 16.7 M, Resolusi 1360x768@60 Hz, Konsumsi  daya 18 Watt/ 1 watt Stand by.

Saya langsung menggunakan Monitor LCD bekas tersebut, saya nyalakan dari pagi hingga Siang dan dari sore hingga malam. Alhamdulillah sudah mau 1 Minggu Monitornya tidak ada masalah. Semoga saja bisa Awet.

Dari pengalaman ini bisa dijadikan referensi jika Anda mau membeli monitor LCD bekas dan poin pentingnya adalah:
  1. Cari Monitor LCD bekas disekitar daerah anda tujuannya agar bisa mengecek langsung.
  2. Manfaatkan Grup jual beli Facebook tapi sebaiknya sebelum beli ada perjanjian kalau bisa dicoba dirumah jangan DO ditempat tertentu karena susah untuk mencobanya.
  3. Tanyakan alasan dijual atau minusnya. Kalau minusnya Cuma pemakaian saya rasa patut dipertimbangkan tapi kalau sudah pernah diperbaiki sebaiknya dihindari.
  4. Perhatikan kondisi fisik monitor terutama segelnya jika masih mulus dan segelnya masih utuh bisa menunjukkan kalau monitor tersebut belum pernah diperbaiki atau masih bagus.
  5. Saat mencoba, nyalakan monitor dan hubungkan dengan CPU komputer. Pastikan Monitor nyala dengan baik. Amati nyalanya apakah stabil atau ada noise seperti semut atau garis-garis. Lihat juga kondisi layar LCD nya apakah mulus atau tidak caranya buka program Ms Word. Jika ada bercak-bercak hitam atau putih berarti layarnya sudah mulai rusak. Coba buka file video atau gambar dan lihat kecerahan atau kontrasnya, jika mirip dengan file aslinya berarti masih bagus. Dan yang terakhir coba On Off kan monitornya dengan cara mencabut powernya sambil memperhatikan tampilannya.
  6. Utamakan membeli kepemakai bukan penjual karena pemakai lebih tahu kondisi barangnya misalnya kapan belinya atau pernah rusak atau tidak. Jika belinya kepenjual monitor bisa saja monitor tersebut hasil oprekan atau monitor mati yang diperbaiki lagi. Berdasarkan pengalaman saya memperbaiki monitor setelah saya ganti komponennya beberapa hari kemudian rusak lagi.


Demikianlah Informasi seputar Tips Membeli Monitor LCD Bekas Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar