Skip to main content

Cara Mencegah Komputer Terkena Virus

virus komputer

MEDIAKOMPILASI.COM – Pernahkah komputer Anda tiba-tibe lelet atau lebih parah lagi semua ekstensi file jadi berubah? Bisa jadi komputer Anda terkena virus. Kalau virusnya bisa dibasmi dengan mudah Anda berarti masih beruntung. Terkadang ada yang susah dihilangkan padahal ada data-data penting dalam komputer yang akhirnya tidak bisa diakses.

Kejadian seperti itu bukan hal baru bahkan sudah jadi modus kejahatan dimana nantinya sipengirim virus akan meminta tebusan agar filenya bisa dibuka kembali. Biasanya mereka meminta tebusan uang yang cukup besar sehingga kalau komputer hanya untuk keperluan sehari-hari tentunya sayang jika harus mengeluarkan uang. Tak heran jika digrup-grup komputer ada yang menyarankan ikhlaskan saja jika memang virusnya bandel.

Baca Juga :
Penyebab PC Overheating dan Pencegahannya
Apakah Windows 7 Masih Bisa Digunakan?
Pengertian SSD kelebihan dan Kekurangannya

Tentunya Anda tidak mau kejadian ini menimpa Anda jadi sebelum semuanya terlambat sebaiknya mencegah agar komputer tidak kemasukan virus. Selain selalu rutin mengupdate Antivirus Anda juga perlu lebih hati-hati ketika mengakses internet. Beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui agar komputer anda tetap sehat:

1.Waspadai terhadap pesan-pesan email yang berisi lampiran file dengan ekstensi yang rentan virus seperti .exe, .com, .bat, vbs, .ini, .scr, .cms, .zip. Disaarankan untuk tidak mengakses file-file lampiran semacam itu kecuali jika sipengirimnya sudah Anda kenal dengan baik.

Jangan terkecoh dengan isi/title email yang mengatakan bahwa file kirimannya adalah sebuah patch untuk memperbaiki celah keamanan software tertentu, game yang menarik atau iming-iming yang menarik.

2.Curigailah pesan-pesan email yang memiliki ciri sama contohnya virus dengan subyek email seperti “Its Very important software” yang dikirimkan oleh beberapa email yang berbeda. Email semacam ini patut diduga sebuah virus atau berisi spam. Jika Anda menerima email semacam ini sebaiknya langsung dihapus.

3.Waspadai jika menerima email yang mengatasnamakan perusahaan tertentu padahal sebenarnya pengirimnya dari sumber lain. Ada bnyak cara untuk mendeteksi kehadiran virus pada sistem komputer Anda contohnya terjadi penambahan ukuran file atau berkurangnya kapasitas hardisk tanpa alasan yang jelas. Tanda-tanda lainnya adalah kinerja komnputer yang berjalan lebih lambat dari sebelumnya misalnya ketika membuka program butuh waktu yang lama.

Demikianlah informasi seputar cara mencegah komputer Terkena virus Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar