--> Skip to main content

Mi A2 HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan

MI A2

Mi A2 HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan  –  Buat Anda yang sedang mencari HP 1 jutaan dengan kemampuan kamera yang mumpuni, Mi A2 bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Kenapa demikian? HP keluaran Brand asal Tiongkok Xiaomi ini dibekali dengan kamera yang tidak dimiliki HP kompetitor dikelasnya.

Kebetulan beberapa Minggu yang lalu saya membeli HP Mi A2 secara online diShopee dan setelah saya gunakan ternyata memang betul hasil jepretan kamera maupun rekaman videonya cukup bagus. Ini tentunya cukup membantu saya sebagai blogger maupun konten kreator YouTube.

Nah...Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mereview Mi A2 dari sisi kameranya. Sebelum review saya ingin menginformasikan bahwa HP ini bukanlah keluaran terbaru tapi sudah lama rilis yaitu sejak Juli 2018. Jadi jika Anda membandingkan Spesifikasinya dengan HP terbaru mungkin ada sektor HP yang kalah misalnya dari sisi Kapasitas Baterai, Sensor atau Memori internal.

Namun dari sektor lainnya Mi A2 masih tetap unggul jika dibandingkan dengan HP terbaru dengan rentang harga yang sama misalnya dari sisi Prosesor, Resolusi layar, RAM atau Kameranya. Jadi sebelum membeli HP ini tentukan dulu kebutuhannya. Kalau sekedar untuk Gaya atau eksis di media sosial mungkin HP Terbaru dengan harga yang sama bisa Anda Pilih namun jika kebtuhannya seperti saya untuk fotografi dan YouTube, HP ini cukup rekomended.

Baiklah tanpa basa basi berikut ini review kamera selengkapnya.

1. Dual Kamera Belakang Aperture Besar

Mode Foto

Kamera belakang Mi A2 dilengkapi dengan Dual Kamara Masing-masing Beresolusi besar 15 MP dan 20 MP sehingga akan menghasilkan foto yang lebih tajam. Apalagi dengan dukungan teknologi Artificial Intelligence ( AI) foto yang dihasilkannya berkelas meski bukan kamera SLR. Tak hanya itu sensor cahaya yang digunakan untuk kamera depan ini tak main main yaitu SONY IMX486, 1,25μm piksel, f/1.75 aperture besar dengan resolusi 12 MP. 

Kamera belakang yang satunya lagi menggunakan sensor cahaya : SONY IMX376, teknologi piksel binning, 2.0μm piksel, f/1.75 aperture besar dengan resolusi 20 MP.

Perlu Anda ketahui Aperture adalah bukaan diafragma pada lensa kamera yang ditandai dengan hurf f. Dengan nilai aperture yang besar maka cahaya yang masuk ke sensor akan lebih banyak sehingga gambar yang dihasilkan lebih terang.

Kamera belakang memiliki masing-masing memiliki pixel Binning piksel besar 1.25μm pada resolusi 12 MP dan 2μm pada kamera beresolusi 20 MP. Dengan teknologi pixel binning, foto dalam kondisi low-light akan lebih terang dan kepekaan cahaya meningkat 4x lipat.

Mode Potret

Mode kamera belakangnya ada 4, Foto, Potret, Kotak, Panorama  dan manual. Hasil kamera juga akan semakin apik dengan dukungan tekonolog HDR.

Teknologi HDR adalah mode yang memungkinan mengambil gambar dengan jangkauan pencahayaan yang lebih dinamis sehingga gambar yang dihasilkan pencahayaannya lebih baik. Fitur ini bisa di ON OFF  kan sesuai kebutuhan.

Pada kamera belakang ini juga disematakan fitur efek foto seperti Hitam putih, vivid, film dan lainnya. Untuk membantu pencahaaan dalam kondisi gelap Mi A2 menyediakan Lampu Blitz yang letaknya diatara dua kamera belakang.

2.Kamera Selfi  AI Powered Beauty

Foto Selfi

Kamera depan Mi A2 menggunakan sensor dari SONY IMX376, Super Piksel dengan basis pixel binning 2.0μm piksel, aperturer besar f/2.2 resolusi 20MP. Sebuah HP dengan kamera selfi beresolusi besar.

Wajar saja jika hasil kamera depannya akan menghasilkan foto selfi yang cantik apalagi dengan fitur Al Beautify 4.0. Kamera depan juga bisa menghasilkan efek Bokeh dan gambar yang lebih terang dengan dukungan fitur HDR. Pengguna juga bisa menambahkan efek gambar seperti alam, langit biru, mrerona, ceria dll. Kamer depan dilengkapi dengan Lampu Blitz untuk memberikan pencahayaan ekstra.

Seperti Kamera depan Mode kameranya juga Sama jadi bisa juga untuk Foto Bokeh.

3.Video UHD 4K

Sektor video patut juga diperhitungkan, dengan Chipset Prosesor Snapdragon 636 Mi A2 mampu merekam video dengan format mulai dari HD 720p, FHD 1080p, UHD 4K 30 fps dan FHD 60 fps. KelebIhan Lainnya dari Kamera Mi A2 ini adalah mampu merekam video slowmotion.

Mi A2 melengkapi kameranya dengan fitur Stabilizer pada perekaman HD dan FHD sedangkan pada  resolusi 4K tidak ada stabilizernya. Dengan fitur ini membuat perekaman video menjadi stabil tanpa harus menggunakan gimbal.

Untuk urusan vokal Mi A2 menyematkan Mic Internal yang posisinya berada dipojok kiri bawah. Dari uji coba yang saya lakukan ternyata Mic internalnya lumayan peka juga, jadi saat membuat video suara saya masih bisa masuk dengan jelas tanpa harus menggunakan mic eksternal.

Sayangnya Mi A2 tidak menyediakan Port Audio 3.5 mm sehingga jika menggunakan Mic External tidak bisa langsung dimasukkan. Untungnya Mi A2 menyediakan konverter Jack 3,5 mm ke USB 2.0 Tipe C yang disertakan dalam paket penjualan. Converter ini juga bisa digunakan untuk Headseat jika ingin mendengarkan musik.

Baca Juga : Micropon Eksternal HP Terbaik Bermain YouTube

Hasil rekaman videonya cukup jernih cocok sekali untuk membua tkonten YouTube karena memenuhi standar video dari YuuTube baik dilihat dari resolusinya,  frame ratenya maupun Bithrate nya meskipun harus ditebus dengan ukuran file yang lumayan besar sebagai contoh video FHD dengan durasi 9.23 menit ukurannya 1,41 GB apalagi jika merekam video dengen resolusi 4 K akan lebih besar lagi.

Kesimpulannya Mi A2 by Xiaomi masih bisa diandalkan kemampuannya dari sisi kamera ditahun 2020 ini dan mampu bersaing dengan HP keluaran terbaru dengan harga 1 jutaan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar