--> Skip to main content

Pengalaman Mengikuti Pelatihan Kartu Prakerja


 

MEDIAKOMPILASI.COM - Apakah saat ini Anda sedang mencari pekerjaan? Terkena PHK? atau sudah bekerja tapi ingin meningkatkan kompetensi kerja? Coba Deh ikut program pemerintah kartu Prakerja.

Kenapa Demikian?

Dengan mendaftar kartu Prakerja Anda berpeluang mendapatkan pelatihan kerja gratis tak hanya itu saja, jika nantinya bisa menyelesaikan pelatihan Anda berhak mendapatkan intesif sebesar Rp.600.000 selama 4 bulan.

Cukup Menarik bukan?

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana sistem pelatihan dan seluk beluknya ?

Nah... kebetulan sekali saya baru saja menyelesaikan pelatihan diprakerja dan sudah mendapatkan sertifikat tinggal menunggu intensif cair.

Saya akan berbagi informasi seputar pengalaman saya mengikuti pelatihan Prakerja.

Namun sebelum saya bercerita lebih banyak saya akan memberikan gambaran, ternyata untuk bisa lolos seleksi yang dilakukan secara bertahap (gelombang) tidaklah mudah maklum pendaftarnya banyak meskipun dalam setiap gelombang kuota yang diterima banyak sekitar 800 ribu tapi karena pendaftarnya lebih banyak mau tak mau ada yang belum lolos sehingga harus ikut gelombang berikutnya.

Saya sendiri lolos seleksi pada gelombang 6 padahal saya sudah ikut seleksi sejak gelombang 1.

Bagaimana sih tahap setelah saya lolos seleksi? Simak terus ya artikel ini hingga selesai.

Saya mengetahui lolos seleksi gelombang 6 setelah melihat status seleksi di dashboard akun Prakerja yaitu sekitar 1 Minggu setelah ikut seleksi.

Setelah lolos seleksi saya disuruh menyambungkan rekening keakun Prakerja, bisa menggunakan rekening BNI atau E wallet seperti OVO Linkaja atau Gopay. Saya sendiri memilih menggunakan Go pay. Sempat ada kendala karena akun Gopay saya belum di upgrade tapi untungnya proses upgrade di Gopay cukup cepat sehingga proses penyambungan rekening Berhasil.

Setelah proses ini tahap berikutnya adalah menunggu saldo sebesar 1 juta masuk ke akun Prakerja yang hanya bisa digunakan untuk membeli kelas atau pelatihan di mitra yang sudah ditunjuk pemerintah seperti Kemenaker, Pintaria, Sekolah mu atau Skill Academy.

Sampai tahap ini meskipun saya sudah paham namun agar nantinya tidak salah langkah saya berinisiatif bertanya-tanya keteman yang sudah lolos seleksi pada gelombang 5 salah satunya kang Maman Achman owner Saungmaman.com. Dari kang Maman saya mendapatkan informasi nantinya pembelian pelatihan melalui mitra Bukalapak atau Tokopedia. Kang Maman juga menyarankan untuk gabung ke grup Facebook Prakerja agar lebih banyak mendapatkan informasi tentang Prakerja ini.

Setelah gabung di grup tersebut saya jadi tahu kendala yang sering dihadapi para peserta Prakerja namun poin penting yang bisa saya tangkap adalah carilah mitra pelatihan yang proses mendapatkan sertifikatnya mudah dan cepat.

Kenapa harus demikian?

Karena semakin cepat proses keluar sertifikat maka semakin cepat pula proses cairnya intensif begitu juga sebaliknya.

Dari saran-saran grup tersebut akhirnya saya memutuskan membeli kelas di Skill Academy melalui Tokopedia.

Hal penting lainnya adalah memilih kelas yang tepat meskipun pada dasarnya semua kelas itu sama namun jangan lupa mendapatkan intesif lebih utama dari kelas itu sendiri.

Jangan Bingung ya...

Begini loh...salah satu syarat agar bisa mendapatkan intesif adalah sertifikat sudah masuk keakun pra kerja. Nah sertifikat akan keluar jika sudah menyelesaikan pelatihan dan progres 100 %. Agar bisa 100% peserta kartu Prakerja wajib menonton video, membuka dokumen, mengikuti webminar, menyelesaikan pre exam hingga Exam.

Artinya semakin mudah pelatihannya maka semakin cepat pula proses pelatihannya pelatihannya sehingga sertifikat cepat keluar dan mendapatkan intesif.

Pelatihan yang mudah itu seperti apa?

Berdasarkan pengalaman saya dan ini hanya opini pribadi bisa saja berbeda dengan pengalaman peserta lain. Kriteria pelatihan yang mudah itu ada 3 :

1.Durasi pelatihannya pendek dilihat dari waktunya misalnya 2 jam atau 3 jam. Durasi videonya juga pendek.

2.Durasi ujiannya pendek 30 menit atau kurang dari itu.

3.Jadwal Webminarnya selalu ada.

Awalnya saya ingin mengambil kelas yang materinya padat tujuannya agar mendapatkan banyak ilmu mumpung ada kesempatan mengikuti pelatihan gratis atau biaya pelatihannya ditanggung oleh pemerintah.

Baca Juga : PAT Online: Orang Tua Harus Jujur Demi Siswa

Tapi setelah membaca saran-saran dari grup Prakerja yaitu dari peserta yang sudah mendapatkan intesif akhirnya saya mengurungkan niat saya dan lebih memilih pelatihan yang mudah seperti kriteria yang sudah saya sebutkan di atas.

Saya lebih memilih mengambil kelas "Siap Kerja dikedai Kopi : Belajar Bikin Kopi Kekinian Ala Barista (Peracik Kopi). Saya tertarik mengambil kelas ini karena saya memang suka dengan dunia perkopian apalagi saya gemar ngopi juga. Selain itu kelas ini ada hubungannya dengan Entrepreneur, Saya bisa buka kedai kopi nantinya.

Kelas ini durasinya sedang yaitu 6 jam 22 menit. Kelas ini terdiri dari 20 video dan 4 dokumen sedangkan ujian total 45 menit dimana 15 menit Pre Exam dan 30 menit Exam. Saya cek webminarnya selalu ada.

Kelas ini dimentori oleh Djoko Pamungkas yang berprofesi sebagai Head Barista di Cliq Coffe & Kitchen. Beliau sudah berpengalaman menjadi seorang Barista selama 9 tahun jadi tak perlu ragu kredibilitasnya.

Tadinya saya berniat mengambil kelas "Mudah Pahami Konten Marketing untuk bisnis karena durasi pelatihannya cuma 3 jam 21 menit. Total durasi ujian nya cuma 27 menit. Namun niat itu urungkan dengan pertimbangan materi nya sudah sering saya baca di internet bahkan saya sering mempraktekannya jadi bukan hal baru lagi.

Setelah saya tonton semua video dan membaca dokumennya  ternyata  materinya cukup menarik, pemaparan dalam videonya sangat jelas sehingga saya mudah memahaminya. Begitu pula ketika Djoko Pamungkas memperagakan penggunaan alat untuk menyeduh kopi seperti mesin espresso, Aero Press, French fresh, Clever Dipper. Saya bisa memahaminya meski tanpa praktek langsung.

Untuk mendukung penjelasan dalam video saya bisa membaca dokumen yang berformat pdf berisi ringkasan materi video ditambah daftar istilah dalam dunia barista.

Oh ya...di Skill Academy setiap mengikuti pelatihan akan ada progresnya dimana akan bertambah setiap menonton video sampai selesai, membuka dokumen, webminar hingga ujian. Misalnya saya sudah menonton video urutan pertama maka progresnya akan berubah menjadi 10% begitu seterusnya. Pelatihan dianggap selesai jika progresnya mencapai 100%.

Setelah semua video saya tonton dan dokumennya saya buka tibalah saatnya untuk ujian karena nilai yang saya dapatkan ikut menentukan kelulusan. Ujian ini terdiri atas pre Exam dan Exam. Saya mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya belajar dengan cara menonton videonya lagi hingga membaca dokumen yang sudah saya download.

Saat ujian saya memilih menggunakan laptop biar soalnya terlihat jelas dan lebih nyaman dibandingkan jika menggunakan HP. Pertama Saya mengerjakan pre Exam yang berisi 5 soal setelah selesai baru mengikuti Exam. Soal soal yang ditayangkan berkaitan dengan video dan dokumen. Enaknya lagi jawaban soalnya berupa pilihan ABCD bukan esai. Soal ujiannya ternyata tidak seseram yang saya bayangkan bahkan menurut saya mudah asal sudah menguasai materinya.

Saya bisa langsung mengetahui hasil tes karena nilainya langsung muncul setelah hasilnya saya Submit. Setelah saya menyelesaikan ujian sertifikat langsung keluar. Saya sendiri tidak tahu berapa nilai minimal agar lulus. Saya sendiri ujiannya mendapatkan nilai 90. Saya juga tidak tahu seandainya nilainya jelek apakah nantinya lulus? Misalnya tidak lulus apakah ada ujian ulang? Itulah mengapa saya belajar sungguh-sungguh biar lancar semuanya.

Meskipun sertifikat sudah keluar progres pelatihan baru mencapai 93% karena saya belum ikut webminar. Apasih webminar itu? Lebih gampangnya seminar yang dilakukan secara online. Webminar ini akan diisi oleh mentor yang materinya berhubungan dengan kelas yang diambil.

Webminar ini bisa diakses melalui aplikasi Zoom baik Menggunakan HP atau komputer tentu saja harus ada akses internet atau kuota internet. Saya sendiri memilih menggunakan HP karena akses internetnya lebih cepat.

Cara mengikuti webminar ini cukup mudah tinggal klik tombol gabung yang ada diakun Skill Academy nanti disuruh registrasi email akun zoom dan nantinya akan muncul jadwal webminarnya.

Ada yang menarik ternyata webminar yang harus saya ikuti berbeda topiknya dengan kelas yang saya ambil tapi menurut pihak Skill Academy tidak masalah yang penting tema webminarnya masih ada hubungannya dengan kelas yang saya ambil. 

Webminar yang harus saya ikuti bertema  Berkarir Sebagai Entrepreneur yang dimentori oleh Prima Yanuar Rizky pada jam 10.00 sampai 12.00.

Awalnya saya bingung bagaimana cara mengikuti webminar ini menggunakan aplikasi Zoom karena belum pernah melakukannya namun setelah menonton video di YouTube saya jadi paham.

Saat webminar pun tiba pada 11 September 2020, saya sudah stand by didepan HP dari pukul 9.30, sekitar beberapa menit sebelum jam 10.00 saya mengecek email yang telah didaftarkan untuk zoom. Ternyata undangan untuk gabung ke zoom sudah muncul dan saya tinggal klik Gabung dan otomatis akan diarahkan ke aplikasi Zoom tapi saat itu webminar belum dimulai sehingga tampilan di Aplikasi zoom masih kosong. Barulah pada pukul 10.00 tepat mentor webminar nya tampil dilayar dilengkapi dengan presentasi berupa slide yang berisi materi yang akan disampaikan.

Webminarnya menarik untuk disimak karena  temanya seputar entrepreneur jadi waktu 2 jam tak Terasa. Ditengah-tengah webminar dan akhir ada polling yang harus dijawab karena ini menjadi bukti kehadiran saya. Diakhir webminar ada sesi tanya jawab sehingga lebih interaktif.

Setelah berhasil mengikuti webminar dan kehadiran saya terverifikasi yang prosesnya memakan waktu 1x24 jam barulah progres pelatihan mencapai 100%.

Lantas Apakah sudah selesai proses pelatihannya?

Belum, proses selanjutnya dan ini yang paling penting yaitu menunggu proses pengiriman sertifikat pelatihan dari Mitra pelatihan Skill Academy ke Mitra pembayaran Tokopedia lalu keakun Prakerja. Jika sertifikat sudah muncul diakun Prakerja maka status pelatihan yang tadinya Aktif menjadi Selesai dan keluar jadwal pencarian intensif.

Saya sendiri sertifikat muncul diakun Prakerja setelah 3 hari dihitung  dari progres pelatihan 100%. Bersamaan dengan munculnya sertifikat muncul juga jadwal pencarian intensif yang nantinya akan dikirimkan ke rekening atau E wallet.

Setelah saya mengikuti pelatihan Prakerja saya menilai pelatihan ini cukup bermanfaat meski hanya menonton video dan membaca dokumen. Dengan mengikuti pelatihan ini bisa menjadi modal dasar bagi saya untuk merintis usaha Kedai kopi kekinian yang saat ini sedang ngetrend dan itulah sebenarnya yang menjadi tujuan utama dari program kartu Prakerja ini yaitu peserta bisa membuka lapangan kerja bagi dirinya sendiri atau orang lain.

Semoga bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar