--> Skip to main content

4 Cara promosi di Facebook gratis

Promosi facebook

Cara promosi di facebook gratis perlu diketahui bagi yang ingin mendapatkan uang dari internet. Pengguna facebook di Indonesia cukup banyak sehingga cukup bagus digunakan untuk promosi produk, website atau channel youtube.


Facebook marketing sebenarnya bukan hal baru namun masih banyak yang belum mengoptimalkannya. Akun facebook hanya sekedar untuk eksis didunia maya padahal manfaatnya sangat besar untuk bisnis.


Buat Anda yang selama ini belum menggunakannya secara produktif pada artikel ini Media kompilasi akan berbagi tips seputar cara promosi di facebook gratis.


4 Cara promosi di Facebook gratis


1.Promosi di Akun pribadi

Promosi yang pertama bisa Anda lakukan di akun pribadi atau yang menggunakan nama anda bukan nama brand. Facebook sendiri hanya membatasi sampai 5000 pertemanan per akun. Perbanyaklah teman anda hingga batas maksimal.


Mempromosikan sesuatu di akun pribadi perlu mempertimbangkan perilaku teman anda. Umumnya orang tidak suka kalau membaca status jualan yang terang-terangan atau yang di tulis itu-itu saja. Hal terburuk jika Anda melakukan hal tersebut akun anda akan di report ke facebook sebagai spam dan bisa berakibat akunnya kena pembatasan bahkan yang lebih parah lagi di non aktifkan.


Baca Juga : Affiliate Shopee, Manfaatkan Media Sosialmu Menjadi Uang 


2.Promosi di halaman facebook

Cara promosi berikutnya adalah melalui halaman facebook. Kelebihan dari cara ini adalah tidak ada batas pengikut. Silahkan buat halaman facebook sesuai dengan produk Anda dan bisa membuat lebih dari satu halaman facebook.


Fitur pada halaman facebook sangat mendukung untuk mempromosikan produk contohnya terintegrasi dengan whatsapp, membuat nama halaman sesuai dengan brand, terhubung dengan facebook business atau bisa di iklankan walaupun berbayar.


3.Promosi di grup

Grup facebook juga cocok untuk mempromosikan produk dengan cara bergabung yang anggotanya banyak dan sesuai dengan bisnis Anda. Sayangnya, kebanyakan grup menerapkan moderasi postingan sehinga tidak bebas promosi.


Namun ada celah lain yaitu dengan cara promosi di komentar karena biasanya tidak dimoderasi. Perlu diingat usahakan kalau promosi di komentar, sesuaikan dengan topik postingan contoh ada yang tanya, Info dong bisnis modal 1 jutaan? Anda bisa komentar sambil mencantumkan URL website atau video youtube.


Karena cara ini rawan di laporkan spam sebaiknya gunakan akun cadangan bukan akun utama jadi kalau misalnya di non aktifkan tidak jadi masalah.


4.Promosi di marketplace facebook

Cara promosi di facebook gratis yang terakhir melalui marketplace facebook. Jika Anda memliki produk fisik, kendaraan, rumah atau lowongan kerja bisa dipromosikan melalui cara ini. Peluang terjadinya transaksi cukup besar karena iklan atau promosinya bisa dilihat jutaan orang pengguna facebook.


Cantumkan deskripsi barang selengkap mungkin sehingga pembeli tertarik. Lampirkan gambar produk yang unik bukan gambar mengambil di internet. Yakinkan kalau barangnya benar-benar ada misalnya dengan mencantumkan tanggal pengambilan gambar.


Tips Mendapatkan Interaksi dari Postingan Facebook

Jika Anda ingin mempromosikan produk, jasa atau webiste perlu sekali memperhatikan interaksi dari pengguna facebook. Semakin banyak interaksi (Like, komentar, share) semakin baik. Dengan banyaknya interasksi bisa menjadi indikator postingan yang Anda buat menarik perhatian pengguna facebook.

Dimata facebook postingan yang banyak interaksinya disebuah grup akan menaikkan peringkat akun di grup tersebut. Efeknya akun tersebut akan berpotensi mendapatkan interaksi yang bagus setiap kali posting di grup.

Berikut ini cara agar mendapatkan interaksi yang bagus saat posting di akun pribadi, halaman atau grup:

1.Buatlah postingan yang menarik dan beragam serta menginspirasi. Perhatikan penggunaan kalimatnya, gunakan bahasa yang baku dan mudah dimengerti.

2.Sesekali buatlah postingan gambar yang membangkitkan imajinasi dan daya kritis yang disertai caption yang menarik contohnya gambar pemulung yang sedang membaca Alquran, Kakek renta yang sedang jualan. Pada captionnya bisa Anda sisipkan link website Anda yagn sudah di pendekkan dengan aplikasi shortlink.

3.Buatlah postingan yang membaut penasaran atau sisakan informasi yang tidak lengkap misalnya tidak mencantumkan harga atau nomor whatsapp. Semakin banyak pertanyaan di komentar akan membuat postingan tersebut naik keatas atau istilahnya “mumbul”. Jawab pertanyaan, Cek Inbox!

4.Buatlah postingan yang meminta pengunjung facebook uantuk mengetikkan produk jualannya di komentar lalu tambahkan link toko online atau produk Anda.

5.Buatlah postingan yang membagikan produk gratis dengan syarat mengetikkan “Mau” di komentar.

Demikianlah informasi sepuatar 4 cara promosi di facebook gratis, semoga bisa meningkatkan omset bisnis Anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar