--> Skip to main content

Pengalaman Menggunakan PC Intel Pentium 4 untuk Kerja Online

Intel pentium 4

MEDIAKOMPILASI.COM - Pernah dengar prosesor Intel Pentium 4? Wah ini sih prosesor jadul banget! Mungkin Anda akan berkata seperti itu. Yups... memang benar, menurut informasi dari Wikipedia prosesor tipe single core ini pertama kali rilis pada November tahun 2000. Bayangkan 22 tahun yang lalu!

Faktanya saya menggunakan PC dengan prosesor ini selama 10 tahun lebih untuk kerja online. Hasilnya? lumayan sih meski belum banyak. Contoh dari Google Adsense selama menjadi partner hampir 7 tahun saya berhasil mengumpulkan penghasilan sebanyak $2000 ++. Ditambah penghasilan dari jasa tanam backlink, Youtube dan affiliasi.

5 Pekerjaan ini bisa dilakukan dengan PC Intel Pentium 4

1. Mengetik/Office

Membuat dokumen baik itu artikel atau tabel masih bisa dikerjakan dengan baik oleh prosesor ini karena aplikasi bawaan windows ini sangat ringan sehingga prosesor jadul dengan RAM cuma 2 GB pun masih bisa dan malah lancar.

Prosesor ini berperan besar terhadap perjalanan ngeblog saya. Dengan Pc ini saya mulai belajar ngeblog pada tahun 2011 lalu. Aktifitas dari Ngeblog itu sendiri kebanyakan mengetik. Saya bisa lancar mengetik. Artikel demi artikel saya buat hingga jumlahnya mencapai ribuan untuk update beberapa blog. Ini tak bisa lepas dari peran PC Intel Pentium 4. 

Aplikasi office yang sering saya gunakan Microsoft Word, Excel dan Notepad.

2. Edit gambar

Mengetik dan edit gambar 2 hal yang tak terpisahkan. Setiap saya membuat artikel biasanya saya juga mengedit gambarnya terutama jika gambarnya hasi karya sendiri. Biasanya saya menggunakan aplikasi editing gambar untuk memperkecil size gambar agar bisa kurang dari 100 kb agar tidak memberatkan loading blog.

Aplikasi editing gambar juga saya gunakan untuk modifikasi gambar dan menambahkan watermark. Semua itu bisa saya lakukan dengan bantuan aplikasi editing gambar yagn saya instal di PC Intel Pentium 4.

Aplikasi editing gambar yang saya instal diantaranya Photoshop CS3 dan GIMP. Kadang juga saya menggunakan aplikasi bawaan Paint untuk edit size gambar atau crop gambar. Meski versinya sudah lawas tapi masih layak untuk digunakan.

3. Edit video

Selain untuk pekerjaan yang berkaitan dengan mengetik, Pc Intel Pentium 4 juga bisa untuk edit video meski yang ringan. Saya mulai menggunakan aplikasi editing video sejak mulai serius terjun ke youtube tahun 2015.

Waktu itu kemampuan mengedit saya masih nol besar. Dengan bantuan sebuah aplikasi editing video VSDC free saya mulai belajar dasar-dasar editing video mulai dari menggabungkan video, memotong video, menambahkan transisi, menambahkan teks, menambahkan gambar, menambahkan backsound hingga menambahkan efek pada video.

Sayangnya RAM Pc saya hanya 2 GB dan prosesornya juga single Core sehingga dalam proses rendernya memakan waktu yang lama. Saya memutuskan beli HP dengan RAM besar sehingga lebih cepat edit video dari HP. Meski begitu saya kadang masih menggunakan VSDC untuk edit video hasil dari capture. Karena sudah terbiasa menggunakan VSDC, saat menggunakan aplikasi editing HP seperti Kinemaster, VN, Cap Cut saya sudah tidak kaget lagi karena fiturnya hampir mirip.

Baca juga: 10 Kelebihan VSDC video editor pemula wajib tahu

4. Browsing

Prosesor ini masih cukup lancar jika digunakan untuk browsing atau mencari informasi melalui Google. Tak ada masalah saat mengakses website atau blog. Saya menggunakan beberapa browser mulai dari Mozilla, Opera, Edge hingga Safari.

Sebagai seorang blogger tentunya saya sering browsing untuk riset kata kunci, mencari sumber referensi atau mengakses tool Google seperti Search console atau Analytics.

5. Akses Youtube

Sejak terjun ke youtube saya jadi sering mengakses youtube untuk keperluan mengupload video, menonton video atau riset kata kunci. Tak ada masalah berarti saat saya mengakses youtube bahkan untuk live streaming youtube tetap lancar.

Boleh dibilang sebagian besar PC Intel Pentium 4 ini saya gunakan untuk mengakses Youtube karena memang penghasilannya lebih menjanjikan youtube ketimbang blog namun saya tetap menekuni keduanya.

Kesimpulan:

Meski jadul atau ketinggalan teknologi namun faktanya PC Intel Pentium 4 masih layak digunakan untuk ke-5 hal yang sudah saya sebutkan diatas. Tidak mengapa prosesor jadul yang penting penghasilannya moncer!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar