--> Skip to main content

Antara Adsense Iklan Reels In Stream dan Shopee Affiliates


Antara Adsense Iklan Reels In-Stream dan Shopee Affiliates - Mencoba tak ada salahnya! Itulah prinsip yang selalu saya pegang. Termasuk dalam hal mencari penghasilan dari internet. Beberapa program penghasil uang yang pernah saya coba dan berhasil mulai dari Adsense blog, adsense youtube, Job review, dropshipper hingga Shopee Affiliates.

Hingga kini Adsense blog dan youtube masih menghasilkan. Begitu juga dengan Shopee Affiliates. Faktanya mendapatkan penghasilan yang layak dari internet itu cukup sulit. Hasil yang sekarang hanya sekedar pemanis saja meskipun sudah termasuk lumayan dibandingkan pemula yang sama sekali belum menghasilkan.

Saya terus mencari dan mencari program mana yang potensinya bisa lebih baik. Kini yang masih hangat, Saya mencoba menghasilkan uang dari facebook.

Antara Adsense Iklan Reels Iklan In-Stream dan Shopee Affiliates

Sebagai bahan perbandingan saya ulas fakta-fakta seputar mencari penghasilan dari Adsense dan Shopee Affiliates hingga In-stream berdasarkan pengalaman saya.

Adsense Blog

Sampai saat ini masih menghasilkan tapi sangat kecil, cuma diangka seribuan per hari! Miris memang. Padahal saya sudah bergelut Adsense sejak tahun 2015. Saya harus mengakui besarnya modal yang saya keluarkan sebanding dengan hasilnya. Selama ini saya hanya single fighter. Riset, membuat artikel, mengedit hingga mempublikasikan saya lakukan sendiri. Wajar jika hasilnya juga kecil!

Para publisher yang sukses umumnya memiliki tim dan modal yang besar. Apalagi jika target pengunjungnya dari Indonesia. Butuh trafik yang tinggi supaya penghasilannya besar ditengah nilai CPC indo yang ancur bisa menyentuh angka 150 perak.

Jika hanya modal dengkul seperti saya, yang bisa dilakukan hanya posting dan share sebanyak-banyaknya. Tentu saja ini melelahkan dan belum pasti hasilnya.

Adsense Youtube

Meski belum memuaskan tapi penghasilan dari youtube masih lebih baik dari blog. Penghasilan sekarang dikisaran 300 ribuan per bulan masih jauh dari harapan. Pernah 1,5 juta per bulan tapi cuma bertahan 3 bulan saja lalu turun lagi. Sudah mencoba rajin uplod namun hasilnya masih jalan ditempat. Mungkin jumlah upload nya kurang banyak atau video yamg diuplod bukan yang disukai penonton.

Saya akui memang dalam membuat video, saya tidak melakukan riset terlebih dahulu tapi random dan sebagian besar berdasarkan minat. Padahal ada potensi lebih berkembang karena saya punya 3 channel yang sudah berstatus monetisasi.

Ada sedikit peluang menambah penghasilan melalui video shorts karena membuatnya gampang dan menggaet penontonnya lebih mudah dibanding video panjang. Sayangnya penghasilannya sangat kecil, contohnya video shorts saya ditonton 11 ribu orang tapi penghasilannya cuma 500 perak.

Baca juga: Penghasilan youtube bukan cuma adsense

Shopee Affiliates Program

Make Money Online yang satu ini juga masih lebih baik dari Adsense blog tapi penghasilannya masih dibawah youtube. Sejak bergabung 2 tahun yang lalu, saya berhasil mengumpulkan penghasilan sebesar 1.8 juta. Menariknya lagi sumber trafik pembelinya mayoritas berasal dari youtube. Meski penghasilan dari adense youtube kecil tapi video-videonya masih bisa menghasilkan uang dari Shopee Affiliates. Dobel penghasilan.

Asyiknya lagi penghasilan dari Shopee bisa cair seminggu sekali berapa pun penghasilannnya. Tidak seperti Adsesne yang harus terkumpul $100 dulu.

Potensi peningkatan penghasilan masih terbuka lebar mengingat saya punya media sosial yang jumlah pengikutnya lumayan banyak. Peluang lain ada pada Shopee Video yang mulai menghasilkan diakun saya padahal baru berisi beberapa video.

Kedepannya saya akan memperbanyak video karena target penontonnya sudah jelas yaitu calon pembeli atau istilahnya hot market atau siap dijuali. Video marketing yang paling cocok berjenis hard selling.

Iklan reels dan in-stream

Ini baru saya genjot mengingat ada akun atau halaman yang pengkutnya sudah memenuhi syarat tinggal kejar jam tayangnya.

Ada sebuah nasihat dari teman pemain in- stream kalau ingin mengupload 1 video yang sama ke FB dan youtube maka didahulukan yang FB .

Sebenarnya ada cara menghasilkan uang yang lebih mudah syaratnya yaitu Bintang. Cara ini sudah aktif di 4 profile FB dan bisa mulai menghasilkan uang. Sayangnya, cara ini mengharapkan pemberian orang atau donasi. Ini sangat bertentangan dengan keyakainan saya. Mengemis merupakan perbuatan tercela. Mengharap diberi saja sudah tidak boleh. Intinya boleh tapi jangan berharap diberi. Ngonten aja terus, ada yang kasih syukur nggak ada juga nggak masalah! Susah bukan.

Saya tidak bisa bercerita banyak karena memang saya belum pernah merasakan penghasilan dari bintang dan iklan in-stream. Faktanya, mendapatkan bintang dari penonton itu tidak mudah kalau dalam videonya tidak membujuk penonton untuk ngasih bintang.

Penutup

Jika harus memilih maka akan sangat realistis kalau saya lebih memilih adsense youtube dan Shopee Affiliates program yang nyata-nyata sudah menghasilkan. In-stream Facebook menjadi prioritas terakhir tapi tetap menjaga konsistensi membuat konten.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar