Skip to main content

Umur Domain Media Kompilasi 3 Tahun, Ini Pencapaiannya

MEDIAKOMPILASI.COM-Umur Domain Media Kompilasi 3 Tahun, Ini Pencapaiannya-Tepat  pada tanggal 24/4 18 kemarin blog Media Kompilasi memasuki usia 3 Tahun. Hal ini menandakan umur blog ini tidak muda lagi atau semakin tua dan menjunjukkan kematangan baik bagi blog itu sendiri maupun bagi adminnya. Meski 3 tahun bukan waktu yang sebentar namun bagi saya kok serasa baru kemarin saya membangunnya.

Umur Domain


Hal ini tak lepas dari kecintaan saya pada dunia tulis menulis, mengelola blog merupakan pelampiasan dari segala unek-unek yang ada dikepala. Jika ada kejadian sehari-hari yang cukup menarik bagi saya biasanya saya akan menuangkannya kedalam tulisan diblog Media Kompilasi. Dengan menulis saya merasakan kegembiraan karena saya bisa berbagi ilmu dengan orang lain. Senyuman selalu menghiasi wajah saya jika ada pengunjung yang berkomentar positif.

Sebenarnya saya ingin sekali mengadakan Give Away kecil-kecilan untuk merayakan Ultah domain Media Kompilasi.com namun sampai saat ini belum bisa terlaksana. Meski agak terlambat saya menulis artikel ini namun tak masalah buat saya. Untuk merayakannya kali ini saya akan mencoba mengevaluasi pencapaian yang sudah diraih oleh Media kompilasi selama 3 tahun ini.

Baca juga :
Domain Baru Semangat Baru, Welcome Mediakompilasi.com
Trafik Blog Tembus 1K Pencapaian Sungguh Tak Terduga
1 Juta Penayangan Pertama Blog Tercapai Memasuki Usia 1 Tahun

1.Total Page view
Menginjak umur domain 3 tahun total Page View  (Tayangan)  berdasarkan statistik dari dashboard blogger sudah mencapai 4.689.477. Dengan rata-rata page  4000-5000 pv/day atau  bulanan 130 k ++. Pencapaian ini buat saya masih yang terbaik diantara blog-blog saya yang lainnya sehingga saya berusaha merawatnya sebaik mungkin.



Apalagi persaingan antar blog semakin ketat dimana saat ini untuk mencapai jumlah tayangan 1000 perhari saja sudah lumayan berat apalagi jika blognya jenisnya gado-gado. Terbukti blog saya yang umurnya mau 2 tahun page view nya masih dikisaran 1000 perhari.

2.Jumlah Postingan
Jumlah artikel seluruhnya mulai dari awal hingga berumur 3 tahun mencapai 808 artikel. Buat saya ini pencapaian yang belum maksimal dan sesuai target. Dulu saya menargetkan setidaknya 2 tahun bisa 1000 artikel tapi target itu tak kunjung terealisasi hingga memasuki tahun ke-3. Insya Allah memasuki tahun ke-4 jumlah artikel blog ini bisa tembus 1000 artikel.

3.Jumlah Penghasilan
Awalnya blog Media Kompilasi dimonetisasi dengan Google Adsense namun sudah hampir setahun ini penghasilannya cenderung menurun dari yang tadinya rata-rata $1 perhari saat ini kurang dari itu.

Hingga akhirnya saya memutuskan untuk memonetisasi dengan cara lain yaitu job artikel review atau content placement dan hasilnya Alhamdulillah hingga artikel ini ditulis blog ini sudah berhasil mendapatkan sekitar 26 job review, lumayan bisa buat nambah-nambah penghasilan dari blog.

Meskipun penghasilan adsense cenderung menurun namun jika ditotal jumlah penghasilan Adsense selama 3 tahun menyentuh angka $900++ sebuah angka yang lumayan buat saya dan itu baru dari 1 blog.

Saya sebenarnya cukup heran penghasilan adsense dari blog ini tak kunjung meningkat padahal trafiknya paling tinggi dari 5 blog yang saya gunakan untuk bermain adsense pasalnya penghasilannya bisa kalah dengan blog bisnis yang trafiknya hanya separuhnya dan jumlah artikelnya Cuma 100++. Kedepannya mungkin saya akan lebih fokus bisnis kejob review karena hasilnya lebih menjanjikan dibandingkan Adsense. Walaupun tidak mudah untuk mendapatkan job review namun jika saya mampu meningkatkan DA blog ini higga diatas 20 saya yakin lebih berpeluang mendapatkan Job Review.

Apalagi saya menjalin hubungan baik dengan beberapa broker job review jadi kalau ada job review saya masih sering kebagian. Itulah mengapa saya harus tetap rajin posting agar blog tampak hidup dan peringkatnya juga semakin naik.

4.Peringkat Blog
Hingga detik ini peringkat blog media kompilasi tak beranjak naik khususnya untuk DA (Domain Authority) masih berkutat diangka 18 padahal sebelumnya pernah tembus sampai angka 20. Kemungkinan hal  ini bisa terjadi karena frekuensi update saya berkurang biasanya sehari bisa 1 artikel sekarang sebulan paling banyak 10 artikel.

Berhubung saya memiliki 3 Blog TLD yang saya gunakan juga untuk Job review maka saya berusaha agar ketiganya bisa diupdate sehingga peringkatnya bisa maju sama-sama. Itulah salah satu sebab kenapa saya kesulitan untuk posting atikel dalam jumlah yang banyak.

5.Target tahun ke- 4
Target saya ditahun ke-4 tidak muluk-muluk karena memang keterbatasan waktu luang dan koneksi internet yang kurang memadai. Saya akan mencoba mempertahankan trafik yang sudah bagus 1000 UV per hari (Versi Google Analytic) dengan cara posting secara teratur meski tidak banyak yang penting blog terlihat hidup. Dengan frekuensi update yang terbatas saya akan mencoba posting artikel yang sebisa mungkin membidik kata kunci tertentu.

Langkah selanjutnya yang menurut saya cukup efektif adalah memperbanyak backlink terutama dari komentar blog karena ini cara mudah mendapatkan backlink. Memang langkah ini butuh konsistensi karena tak  mudah mencari blog yang komentarnya bisa memasukkan URL pada profilnya.

6.Hambatan Mengelola Blog
 Meski umur blog sudah 3 tahun, masih sering saya alami hambatan-hambatan dalam  mengelola blog ini yang menyebabkan eksistensinya kian menurun pasalnya ditahun-tahun awal saya sanggup posting tiap hari namun sekarang semakin berkurang. Beberapa faktor yang menyebabakan produktifitas blog ini menjadi berkurang terutama dari sisi postingnya:


  1. Trafik blog tak kunjung naik meski sudah posting seperti biasanya padahal dulunya trafiknya sempat menyentuh 2k per day namun setelah itu berangsur-angsur turun hingga mencapai 1K per day mentok 1,5 / day. Inilah yang membuat saya jadi malas untuk rajin posting tiap hari. Petimbangan saya untuk apa rajin posting kalau trafiknya tidak naik? Akhirnya saya memutuskan untuk mengurangi update posting dan mengalihkannya ke blog lain yang lebih potensial  dari sisi penghasilan. Tujuan lain agar blog lain bisa menyamai trafik blog ini.
  2. Saya malas untuk riset kata kunci ketika akan membuat artikel apalagi jika kata kunci tersebut tidak saya kuasai. Saya menulis hanya berdasarkan hal-hal yang saya ketahui baru saya cocokkan dengan kata kuncinya dan terkadang kata kunci tersebut pencariannya rendah sehingga trafik yang dihasilkannya juga minim harusnya saya menulis artikel semacam itu dalam jumlah yang banyak.
  3. Koneksi internet yang kurang memadai.Akhir-akhir ini koneksi internet ditempat saya agak lelet padahal rumah saya dekat dengan tower operator seluler yang  saya pakai. Seharusnya koneksi internetnya lancar tapi nyatanya tidak. Padahal sebelumnya lancar-lancar saja. Saya menduga hal tersebut disebabkan karena saya masih menggunakan jaringan 3G seharusnya saya sudah memakai 4 G.Rencana kedepannya saya ingin membeli modem 4G biar koneksinya bagus atau alternatif lainnya yaitu berlangganan WIFI rumahan sayangnya saya harus membeli peralatan sendiri jadi mau tak mau saya harus keluar modal.


Itulah beberapa pencapaian yang sudah diraih saat umur domain Media Kompilasi 3 Tahun yang saya buat sebagai bahan evaluasi saya ditahun berikutnya. Tak Ada niatan pamer karena blog ini  biasa-biasa saja tak ada yang istimewa masih banyak diluaran sana blog-blog yang luar biasa yang patut dijadikan rujukan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar