Skip to main content

Cara Upgrade Pentium 4 ke Core 2 Duo

Upgrade Pentium 4

MEDIAKOMPILASI.COM – Aplikasi atau Software sekarang ini menuntut hardware komputer yang mumpuni. Ini tentu menjadi masalah jika komputer tersebut akan digunakan untuk menjalankan software terkini kecuali kalau komputer tersebut hanya digunakan untuk mengetik atau sekedar browsing.

Saya yakin setiap pengguna komputer menginginkan Spesifikasi komputer terbaru namun terkadang dana menjadi kendala maklum komputer generasi terbaru harganya mahal bahkan ada loh yang harganya diatas 20 juta! Namun demikian komputer versi lawas masih tetap digunakan meski dengan segala keterbatasan.

Ada 2 hardware yang penting pada sebuah komputer yaitu prosesor dan RAM, semakin banyak jumlah intinya (Core) serta tinggi kecepatannya akan semakin bagus dan untuk RAM akan lebih bagus jika menggunakan RAM  generasi terbaru atau minimal RAM DDR3 yang masih tersedia unit barunya.

Berkaca dari pengalaman saya yang masih menggunakan komputer dengan spesifikasi Prosesor Intel Pentium 4 dan RAM nya masih DDR1 ternyata cukup sulit untuk diupgrade karena motherboarnya hanya mentok sampai Pentium D dan RAM nya mentok 2GB.

Alhasil saya harus puas dengan menggunakan OS Windows 7 itupun 32 Bit yang tentunya performanya terbatas. Pertanyaannpun muncul dibenak saya bagaimana jika nantinya saya harus menggunakan Windows 10?

Nah muncullah ide untuk mengupgrade komputer saya yang akan saya lakukan sendiri sekalian belajar merakit komputer, Namun saya tidak langsung upgrade keprosesor generasi terbaru maklum dananya nggak cukup. Bagi saya cukuplah naik setingkat diatas prosesor yang sekarang yang penrting RAM nya sudah mendukung DDR3 dan kapasitasnya bisa mencapai 8GB jadi nantinya saya bisa menggunakan windows 7 yang 64 bit atau mungkin sekalian Windows 10.

Pilihanpun jatuh pada prosesor Core 2 Duo, Kenapa saya memilih Prosesor ini? Padahal jika dilihat dari masa produksinya Prosesor ini dirilis mulai tahun 2006 hingga 2008 berarti sudah 13 tahun yang lalu. Memang benar tapi jika dilihat dari urutan dari prosesor Intel ternyata Core 2 Duo melewati prosesor lainnya. Sebagai perbandingan berikut urutannya berdasarkan masa rilisnya :

  • Intel® Pentium® 4 Processor
  • Intel® Xeon® Processor
  • Intel® Itanium® Processor
  • Intel® Itanium® 2 Processor
  • Intel® Pentium® M Processor
  • Intel Pentium M 735/745/755 processors
  • Intel E7520/E7320 Chipsets
  • Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
  • Intel Pentium D 820/830/840
  • Intel Dual Core
  • Intel Core 2 Duo
  • Intel Core 2 Quad Q6600


Prosesor Core 2 Duo Merupakan seri dari Prosesor Intel Core 2 jadi secara lengkapnya keluarga/varian Intel Core 2 adalah :


  1. Core 2  Duo ( Dual Core Prosesor) kode nama Conroe,Allendale,Wolfdale
  2. Core 2 Extreme ( Dual Core/ Quad Core Prosessor) kode nama Conroe XE, Kenstfiled XE, Yorkfield XE
  3. Core 2 Quad (Quad Core Prosessor) Kode Nama Kenstfield, Yorkfield
  4. Core 2 Solo (Single Prosessor) Kode Nama Merom- L, Penryn-3M  Khusus untuk Laptop

Sebenarnya Antara Core 2 Duo dan Pentium 4 masa produksinya bisa dibilang masih seangkatan karena Pentium 4 rilis antar tahun 2000 sampai 2008 kecepatan 1,3 hingga 3,8 Ghz. Namun Core 2 Duo memiliki keunggulan dibandingkan dengan Pentium 4 terutama jika dilhat dari intinya yang terdiri atas 2 Core sedangkan Pentium 4 hanya 1 Core. Selain itu dilihat dari TDP nya Core 2 Duo lebih hemat daya karena hanya butuh 65 Watt.

Baca Juga :
Pengalaman Mengatasi Komputer Hang Tidak Bisa Bergerak
Pengertian SSD Plus Kelebihan dan kekurangannya
Kenali 4 Jenis Socket Motherboard Prosesor Intel Sebelum Merakit 

Setelah ketemu Prosesornya lantas apa langkah-langkah selanjutnya untuk upgrade Pentium 4 ke Core 2 Duo? Berikut ulasannya :

1. Pemilihan Seri Prosesor

Seperti saya sebutkan diatas kalau saya akan memilih prosesor Core 2 Duo namun saya masih harus memilih serinya karena ada banyak seri namun saya membidik 4 seri saja yang kecepatannya 3 Ghz keatas diantaranya :

  • Core 2 Duo E8400 3 Mhz  TDP 65 W
  • Core 2 Duo E8500 3,17 Mhz TDP 65 W
  • Core 2 Duo E8600 3.33 Mhz TDP 65 W
  • Core 2 Duo E8700 3,5 Mhz TDP 65 W

Setelah terpilih seri mana yang akan saya gunakan barulah saya mencarinya ke marketplace dan langganan saya membeli hardware adalah ke Tokopedia. Setelah saya cari-cari ketemulah pelapak yang menjual Core 2 Duo E8400 harganya murah Cuma Rp.50.000, Tentu kondisi bekas kalau yang baru sudah nggak ada.

2.Pemilihan MotherBoard

Setelah prosesornya ditentukan barulah mencari Motherboardnya yang sesuai. Core 2 Duo menggunakan motherboard tipe socket LGA 775 jadi masih sama dengan Motherboard untuk Pentium 4 yang saya gunakan hanya saja jenisnya beda jadi tidak bisa untuk Core 2 Duo sehingga saya harus ganti motherboard. Dari rekomendasi sebuah grup komputer untuk socket LGA 775 yagn bagus adalah tipe G41 DDR 3.

Motherboard jenis ini juga tidak ada yang baru lagi jadi saya harus beli bekas dengan merk yang bermacam-macam mulai dari ECS,Asus, Gigabyte, MSI, Ashrock, Varro namun yang rekomended adalah Asus atau Gigabyte.

Namun karena barang bekas stoknya tidak selalu ada makanya saya tidak mematok pada satu merk yang penting spesifikasinya masuk. Dari hasil penelusuran di Tokopedia ada sebuah pelapak yang menjual Motherboard MSI LGA 775 G41 dengan harga Rp.280.000.

Motehrboard ini juga suport untuk Prosesor Intel generasi sesudahnya yaitu Core 2 Quad jadi bisa diupgrade lagi prosesornya tanpa harus ganti motherboard lagi.

3.Pemilihan RAM

Motehrboard dan Prosesor sudah masuk list selanjutnya adalah mencari RAM yang cocok yaitu DDR3. Untuk RAM jenis ini masih tersedia barunya. Harganya saya lihat di Tokopedia untuk merk Kingston 4 GB PC 10600/12800 harganya Rp.205.000 Garansi 1 tahun.

Idealnya sebenarnya 8GB tapi itu bisa ditambah lagi setelah komputer sudah bekerja dengan baik jadi bisa nyicil belinya.

Dengan membeli 3 komponen ini sebenarnya saya sudah bisa upgrade komputer saya karena PSU, Hardisk, Monitor, Keyboard dan Mouse yang lama masih bisa digunakan Kecuali jika nantinya PSU yang lama tidak kuat baru membeli PSU lagi baik yang bekas maupun yang baru.

Jika ada dana lebih saya justru ingin membeli SSD untuk saya gunakan sebagai tempat untuk mengintsall Sistem operasi biar kecepatannya makin bagus dari pada membeli hardisk lagi. Harga SSD baru dengan kapasitas 120 GB harganya 200 ribuan.

Satu hal lagi yang perlu saya perhitungkan adalah kemungkinan bermasalah dalam perakitannya karena namanya juga komponen bekas. Bisa saja saya bertanya ke grup-grup komputer namun kadang tak kunjung Solved. Jalan keluarnya tentu saja harus minta tolong ke ahlinya dan nggak gratis. Setidaknya butuh alokasi dana minimal Rp.50.000 untuk membayar jasa teknisi.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi siapa saja yang ingin Upgrade Pentium 4 ke Core 2 Duo dengan Budget yang minim.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar