Skip to main content

5 Kesalahan Saat Berpuasa Yang Perlu Diwaspadai

5 Kesalahan Saat Berpuasa Yang Perlu Diwaspadai-Keutamaan Ibadah Puasa tentu anda sudah sering mendengarnya baik melalui khotbah atau pengajian namun sudahkah anda berusaha untuk meraihnya? Jangan sampai puasa yang anda lakukan hanya mendapatkan lapar dan haus saja sungguh alangkah merugi.


Terkadang ada orang yang berpuasa namun perilakunya tidak mensifatkan orang yang berpuasa ngerumpi jalan terus atau malas ke Masjid padahal Allah menjanjikan bagisiapa saja yang berpuasa karena iman dan mengharap pahala akan diampuni dosa-dsoanya yang terdahulu.

Baca juga :



Puasa yang sejatinya menguji keimanan seseorang muslim itulah mengapa Allah memerintahkan kepada orang yang beriman untuk berpuasa dimana setelah menjalankan ibadah puasa diharapkan menjadi orang yang bertaqwa.Sungguh merugi jika setelah puasa ketaqwaan kita tidak meningkat atau lebih parah lagi jika menurun.

Untuk menghindari hal-hal tersebut pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi seputar kesalahan saat Berpuasa yang perlu diwaspadai sehingga kita semua bisa terhindar dari perkara tersebut.Berikut ini ulasan selengkapnya:

1.Berpuasa tanpa Didasari Ilmu
Kesalahan ini bisa berakibat fatal karena bisa saja menyebabkan puasanya tidak sah.Ibadah apapun harus didasari oleh ilmu,kita dilarang mengerjakan ibadah tanpa kita mengetahui ilmunya terlebih dahulu termasuk puasa.Dalam sebuah hadist disebutkan,"Siapa yang mengerjakan suatu amalan yang tidak didasarkan pada perintah kami maka ia tertolak”.

Sebagai muslim kita harus tahu hukum yang berkaitan dengan puasa seperti Rukun puasa,syarat puasa,hal-hal yang membatalkan puasa,perkara yang bisa merusak pahala puasa.Sayang masih ada yang menyepelekan ilmu tentang puasa sehingga mengaku puasa tapi masih marah-marah,caci maki,berbohong,menjelekkan orang lain,campur baur dengan lawan jenis.

2.Hilangnya rasa malu dihadapan Allah
Puasa tidak cukup dengan menahan lapar dan haus namun harus menjaga jangan sampai pahala puasanya rusak.Salah satu sebab pahala puasa menjadi rusak adalah hilangnya rasa malu dihadapan Allah SWT padahal Allah maha melihat.Puasa cuma sekedar menggugurkan kewajiban lebih parah lagi berpuasa tapi meninggalkan ibadah wajib lainnya seperti sholat.

Berpuasa tapi tidak menjaga mata,telinga dan lisannya dari perbuatan maksiat padahal setiap muslim hendaknya memiliki sifat ihsan yaitu beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat Nya.Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dari Aabu Hurairah RA,Rasulullah besabda,”Jika salah seorang dari kamu sedang berpuasa maka janganlah Ia berkata keji dan jangan rebut(Marah),dan jika ada seseorang memaki atau mengajaknya berkelahi hendaklah ia mengatakan,Saya sedang berpausa(HR Bukhari Muslim).

3.Menyia-nyiakan harta atau Boros pengeluaran
Dibulan puasa ini hendaklah seseorang menjauhi perbuatan yang melampaui batas atau meyia-nyakan harta khususnya saat berbuka puasa.Hendaknya seseorang belanja tidak melebihi keperluan atau mengeluarkan harta untuk sesuatu yang tidak ada manfaatnya.

Jangan sampai dengan dalih sudah tidak makan dan minum selama 14 jam lebih saat berbuka berpuasa membuat makanan dan minuman yang melebihi keperluan yang akhirnya tidak habis dan terbuang atau menyuruh istri untuk memasak sampai menyibukkan dirinya didapur sehingga melupakan ibadah.Jika dihari biasa seseorang bisa makan minum seperlunya kenapa dibulan pausa tidak bisa?

Contoh lainnya menyia-nyiakan harta misalnya membeli petasan yang marak saat bulan Ramadhan.Sebagai orang tua berkewajiban membimbing anaknya agar tidak bermain petasan karena selain pemborosan juga membahayakan keselamatan.

4.Kebanyakan tidur
Puasa bukanlah alasan untuk bemalas-malasan justru diperintahkan untuk memperbanyak amalan dibulan puasa seperti membaca Alquran.Hindari banyak tidur dibulan Ramadhan karena hal tersebut menyelisihi sunnah,siang hari untuk mencari nafkah malam hari untuk beristirahat.

Ada anggapan yang kurang tepat yang mengatakan tidur dibulan puasa itu ibadah padahal tidak ada dalil yang mengatakan demikian.Hukum asal dari tidur adalah Mubah.Tidur yang disyariatkan adalah tidur siang menjelang dhuhur atau setelah dhuhur supaya tubuh lebih segar dan ibadahpun lancar itupun tidak lama.

5.Menyia-nyiakan Waktu
Seringkali seseorang dalam menunggu waktu berbuka puasa cenderung menyia-menyiakan waktu dalam artian melakukan sesuatu yang tidak ada faidahnya terutama dalam urusan agama seperti ngobrol nggak jelas,Nonton TV/Main game berjam-jam,jalan-jalan tanpa tujuan jelas.

Dari pada melakukan perkara tersebut lebih baik waktu yang ada digunakan untuk berdzikir kepada Allah,iktikaf di Masjid,Menghadiri Majlis Ilmu atau memperdalam agama seperti membaca kitab Islam,mendengarkan ceramah agama.

Demikianlah informasi seputar 5 Kesalahan Saat Berpuasa Yang Perlu Diwaspadai Mohon Maaf jika ada yang salah dan mudah-mudahan kita terhindar dari perkara diatas.Wassalamualaikum.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar